Serikat Pekerja Keroyok 3 TNI di Jambi Dipicu Sengketa Lahan

Oleh: Alfian Putra Abdi - 18 Juli 2019
Pengeroyokan diduga dilakukan oleh Serikat Mandiri Batanghari (SMB) kepada anggota TNI yang berada di Distrik 8, Kabupaten Tanjung Jabung Barat, Jambi.
tirto.id - Kapolda Jambi, Irjen Pol Muchlis mengklarifikasi terkait video sekelompok orang yang mengeroyok tiga anggota TNI.

"Iya video itu benar. Insidennya kemarin [Rabu, 17 Juli] terjadi," ujar dia saat dikonfirmasi, Kamis (18/7/2019).

Menurut dia, sekelompok orang tersebut mengatasnamakan diri sebagai Serikat Mandiri Batanghari (SMB).

Tidak hanya melukai anggota TNI, mereka juga merusak kantor PT Wira Karya Sakti (WKS) yang terletak di Distrik 8, Kabupaten Tanjung Jabung Barat, Jambi.

Sementara itu, Kabid Humas Polda Jambi Kombes Pol Kuswahyudi menjelaskan, ihwal perusakan dan juga penyerangan lantaran sengketa lahan PT WKS yang diprotes oleh massa SMB.

"Diduga dipicu keributan kelompok SMB dengan pemilik Izin Usaha Pemanfaatan Hasil Hutan Kayu Hutan Tanaman Rakyat (IUPHHK-HTR)," ujar dia.

Sampai saat ini, ia mendaku aparat kepolisian masih melakukan pengejaran terhadap para pelaku. Ia juga mengatakan, identitas massa SMB yang diduga mengancam tiga anggota TNI dan satu anggota sudah dikantongi.

"Masih diburu. Belum ada yang tertangkap," kata dia.

Dalam video berdurasi 3 menit 2 detik yang diterima reporter Tirto, tampak massa mengeroyok tiga anggota TNI. Bahkan massa memaksa para anggota tersebut melepaskan seragamnya.



Baca juga artikel terkait KASUS PENGEROYOKAN atau tulisan menarik lainnya Alfian Putra Abdi
(tirto.id - Hukum)

Reporter: Alfian Putra Abdi
Penulis: Alfian Putra Abdi
Editor: Zakki Amali
DarkLight