Serial The Queen's Gambit akan Diadapatasi ke Panggung Musikal

Oleh: Dede Mudopar - 9 Maret 2021
Dibaca Normal 1 menit
Kisah dalam serial The Queen's Gambit akan diadaptasi menjadi drama panggung musikal. Proyek ini akan digarap oleh Level Forward.
tirto.id - Serial The Queen's Gambit yang merupakan adaptasi dari novel karya Walter Tevis akan kembali diadaptasi. Kali ini, The Queen’s Gambit akan menjajaki panggung Broadway dengan diadaptasi menjadi drama panggung musikal.

Sebagaimana dilansir dari Deadline, proyek musikal The Queen’s Gambit akan digarap oleh Level Forward yang memiliki hak atas panggung panggung teater untuk kisah Beth Harmon tersebut.

Level Forward yang didirikan pada tahun 2018 telah memproduksi dan mendanai film-film panjang seperti The Assistant dan film dokumenter On The Record. Salah satu pendiri perusahaan ini ialah Abigail Disney yang merupakan cucu saudara laki-laki dari Walt Disney, Roy Disney.

"Merupakan suatu kehormatan bagi Level Forward untuk memimpin tugas membawa The Queen's Gambit ke panggung melalui seni teater musikal yang dicintai dan abadi," ujar CEO Level Forward Adrienne Becker dalam pernyataannya bersama Produser Julia Dunetz seperti dilansir dari Variety.

Dalam panggung musikal, The Queen’s Gambit akan ditampilkan dengan sudut pandang yang lebih berani dan segar. "Ceritanya adalah sirine di tengah perjuangan kontemporer kami untuk kesetaraan gender dan rasial, dan kami menantikan untuk memajukan proyek ini,” tambah Dunetz.

Sebelum diangkat menjadi serial di Netflix, The Queen's Gambit merupakan novel karya Walter Tevis yang diterbitkan tahun 1983. Novel ini berpusat pada karakter Beth Harmon, seorang gadis yatim piatu yang memiliki kemampuan supranatural untuk memindahkan bidak-bidak di papan catur sehingga bisa mendominasi berbagai kompetisi.


Harmon lantas melakukan perjalanan untuk mengikuti kompetisi catur di berbagai belahan dunia, dari Kentucky, Paris, hingga Moskow sambil berjuang melawan kecanduannya pada obat-obatan.

Selain menulis The Queen’s Gambit, Tevis juga mengarang The Hustler dan The Man Who Fell to Earth yang keduanya menjadi film. Bahkan, novel The Man Who Fell to Earth diangkat menjadi sebuah pertunjukan panggung.

Pada 23 Oktober 2021 serial The Queen’s Gambit dirilis oleh layanan streaming Netflix. Serial yang dibintangi oleh Anya Taylor-Joy ini berhasil mendulang kesuksesan menjadi serial yang paling banyak ditonton di Netflix dengan ditonton oleh lebih 62 juta akun dalam 28 hari pertama.

Selain itu, serial ini mendapat beberapa penghargaan, seperti dari Critics’ Choice Awards dalam kategori Best Limited Series dan Best Actress in a Limited Series or TV Movie untuk Anya Taylor-Joy.

Selain itu, peran Anya Taylor-Joy sebagai Beth Harmon dalam serial tersebut membawa dirinya meraih penghargaan Best Performance by an Actress in a Limited Series or Motion Picture Made for Television dalam ajang Golden Globe Awards 2021.

Di ajang yang sama, penghargaan Best Television Limited Series or Motion Picture Made for Television juga diberikan untuk serial The Queen’s Gambit.


Baca juga artikel terkait THE QUEENS GAMBIT atau tulisan menarik lainnya Dede Mudopar
(tirto.id - Film)

Penulis: Dede Mudopar
Editor: Addi M Idhom
DarkLight