Seperti Mi 8 Explorer Edition, Mi 9 Juga Punya Versi "Transparan"

Oleh: Ditya Pandu Akhmadi - 20 Februari 2019
Dibaca Normal 1 menit
Harga dan spesifikasi Xiaomi Mi 9 Transparent Edition lebih tinggi daripada Mi 9 reguler.
tirto.id - Sama seperti pendahulunya, Xiaomi Mi 9 juga memiliki varian dengan casing transparan, yakni Mi 9 Transparent Edition. Pada tahun lalu, Mi 8 juga diperlakukan sama saat Mi 8 Explorer Edition dirilis.

Casing bening di sisi belakang Xiaomi Mi 9 Transparent Edition tidak benar-benar tembus pandang atau menampilkan komponen dalaman aslinya, melainkan gimmick atau sekadar estetika.

Xiaomi Mi 9 Transparent Edition rencananya hanya dipasarkan di Cina dengan harga 3.999 yuan atau sekitar Rp8,3 juta (kurs Rp2.088).

Pada bagian panel depan, Mi 9 Transparent Edition menawarkan layar 6,39 inci FHD+ tipe Super AMOLED yang didukung fitur Reading Mode 2.0 dan Sunlight Mode 2.0.

Saat diperkenalkan, flagship ini sudah menjalanlan OS Android 9 Pie dengan balutan antarmuka MIUI 10 kaya fitur.

Soal performa, Xiaomi Mi 9 Transparent Edition menawarkan kinerja lebih tinggi dari pendahulunya berkat chipset Qualcomm Snapdragon 855 berkonsep octa-core.

Chip itu terdiri dari tiga cluster, masing-masing single-core 2,8GHz, triple-core 2,4GHz, dan quad-core 1,8GHz, yang ditandemkan RAM sangat lapang, 12GB. Kemampuan gaming-nya juga andal berkat kartu grafis Adreno 640.

Sektor fotografi, Xiaomi Mi 9 Transparent Edition mengandalkan tiga kamera belakang. Kamera utama berkekuatan 48 megapiksel dengan sensor Sony IMX586 1/2 inci 0.8um piksel ditandemkan lensa aperture f/1.8 didukung fitur laser autofocus, PDAF, OIS, dan LED flash.

Kamera kedua berkekuatan 16MP diperkuat lensa ultra-wide bukaan f/2.2 yang menawarkan field of view (FoV) 117 derajat.

Sementara kamera ketiga berkekuatan 12 megapiksel yang berfungsi sebagai depth sensor sekaligus telephoto dengan lensa f/2.2 untuk menghadirkan kemampuan 2x optical zoom.

Guna memuaskan hasrat selfie pengguna, Xiaomi Mi 9 Transparent Edition dibekali kamera depan 20MP yang didukung fitur AI. Tak hanya itu, ponsel ini juga didukung memori internal lega, 256GB.

Xiaomi Mi 9 Transparent Edition dilengkapi speaker berukuran 0,9cc untuk kualitas suara menggelegar dan mode Gaming Turbo untuk mengakomodir kebutuhan para gamer.

Terakhir, untuk menunjang aktivitas pengguna seharian, Mi 9 Transparent Edition tertanam baterai 3300mAh dengan fitur fast charging berdaya 27W via kabel USB Type-C dan fast wireless charging dengan daya 20W.

Adapun Mi 9 Transparent Edition debut global di Beijing, Cina pada Rabu (20/2/2019) siang. Perangkat ini diperkenalkan bersamaan dengan Mi 9 reguler dan Mi 9 SE.


Baca juga artikel terkait SMARTPHONE atau tulisan menarik lainnya Ditya Pandu Akhmadi
(tirto.id - Teknologi)


Penulis: Ditya Pandu Akhmadi
Editor: Ibnu Azis
Kontributor: Ditya Pandu Akhmadi