Seorang Nelayan di Gunungkidul Hilang, Diduga Terjatuh dari Tebing

Oleh: Irwan Syambudi - 9 Juni 2020
Korban bernama Wasgiyanto (40) merupakan nelayan darat pencari lobster.
tirto.id - Seorang Nelayan di Kabupaten Gunungkidul Yogyakarta hilang saat hendak mengambil jaring di atas sebuah tebing. Ia diduga terjatuh dan tercebur ke laut.

Sekretaris SAR Satlinmas Wilayah II Gunungkidul, Surisdiyanto saat dihubungi Tirto, Selasa (9/6/2020) mengatakan nelayan yang diketahui hilang pada Senin (8/6/2020) itu "belum ditemukan" dan masih dalam proses pencarian.

Nelayan bernama Wasgiyanto (40) warga Kecamatan Saptosari Gunungkidul itu mulanya pergi di tebing pinggir laut yang ada di Desa Girikarto Kecamatan Panggang. Ia sampai di tebing sekitar pukul 03.00 WIB pagi.

"Korban merupakan nelayan darat pencari lobster," ujar Surisdiyanto.

Ia bersama seorang saksi bernama Ngatijo hendak mengambil jaring yang telah dipasang di sekitar tebing tersebut. Jaring yang dipasang Ngatijo terpisah jarak dengan milik Wasgiyanto. Saat selesai mengambil jaring Ngatijo tak melihat Wasgiyanto.

Ngatijo saat itu bergegas kembali dan menunggu di lokasi mereka memarkir motor. Namun seberapa saat ditunggu Wasgiyanto tak juga kembali. Ia sempat kembali ke tebing memastikan keberadaan Wasgiyanto, namun yang ia temukan hanya jaring yang belum diangkat.

"Diduga korban terjatuh dari atas tebing kurang lebih 50 meter saat menarik jaring," kata Surisdiyanto.

Hingga saat ini pencarian terus dilakukan, 40 petugas SAR dikerahkan untuk melakukan pencarian baik di darat di sekitar tebing maupun di laut.

Saat ini sejumlah wisata pantai yang ada di Kabupaten Gunungkidul ditutup sementara sejak pandemi COVID-19 merebak. Sejumlah wisatawan yang nekat datang ke pantai untuk berlibur diminta untuk putar balik.



Baca juga artikel terkait NELAYAN HILANG atau tulisan menarik lainnya Irwan Syambudi
(tirto.id - Sosial Budaya)

Reporter: Irwan Syambudi
Penulis: Irwan Syambudi
Editor: Gilang Ramadhan
DarkLight