Fit & Proper Test Kapolri:

Senior-Junior Dampingi Listyo di DPR demi Pamerkan Polri Solid

Oleh: Adi Briantika - 20 Januari 2021
Dibaca Normal 1 menit
Listyo mengajak koleganya dari berbagai angkatan di Polri untuk mendampingi dirinya menjalani fit and proper test di Komisi III DPR RI.
tirto.id - Kabareskrim Komjen Listyo Sigit Prabowo menjalani uji kelayakan dan kepatutan calon Kapolri di hadapan para wakil rakyat Komisi III DPR RI. Ia memaparkan program kerja jika terpilih menjadi orang nomor satu di Korps Bhayangkara.

Di ruang rapat Komisi III DPR RI, Rabu (20/1/2021) Listyo mengajak koleganya dari berbagai angkatan di Polri untuk mendampingi dirinya menjalani fit and proper test. Listyo lalu mengklaim internal Polri solid.

“Yang hadir mendampingi kami [saya], urutannya adalah senior mulai dari [angkatan] 87, 88, 89, 90. Kami sendiri 91, beserta leting, dan adik-adik kami. Jadi, saat ini Polri solid,” ujar Listyo, Rabu (20/1/2020).

Listyo sendiri merupakan lulusan Akademi Kepolisian (Akpol) Angkatan 1991. Ia didampingi senior-seniornya yakni Wakapolri Komjen Pol Gatot Eddy Pramono (angkatan 1988), Komjen Pol Agus Andrianto (angkatan 1989), dan Kepala Lembaga Pendidikan dan Pelatihan Polri Komisaris Jenderal Arief Sulistyanto (angkatan 1987).

Lalu ada Kapolda Sulawesi Utara Irjen Panca Putra yang mewakili angkatan 1990 dan Kapolda Aceh Irjen Wahyu Widada yang merupakan rekan satu angkatan dengan Listyo. Hadir pula Ketua Konferensi Polwan Brigadir Jenderal Ida Utari dalam fit and proper test kali ini.

"Kemudian junior kami Ahrie Sonta [Kapolres Pelabuhan Tanjung Priok], kemudian staf kami dan dua operator," kata Listyo.

Selain itu, demi menunjukkan kesolidan internal Polri, Kapolri Jenderal Idham Azis bahkan turut mengantarkan Listyo ke dalam ruang rapat Komisi III DPR RI. Menurut Idham apa yang dilakukannya memberikan contoh bahwa pergantian Kapolri merupakan keniscayaan dan Polri melakukan regenerasi secara baik.

Idham menegaskan keputusan yang diambil Presiden Joko Widodo sebagai pemimpin tertinggi Polri harus dijalankan dan diamankan. Karena itu menurut Idham, apa yang dilakukannya mengantarkan Listyo Sigit menjalani uji kelayakan, menegaskan bahwa Polri solid.

"Di internal Polri solid, bisa dilihat perwakilan angkatan [yang ikut hadir dalam uji kelayakan] merupakan senior Listyo Sigit ikut mendampingi, termasuk saya," ujar Idham.



Baca juga artikel terkait CALON KAPOLRI atau tulisan menarik lainnya Adi Briantika
(tirto.id - Hukum)

Reporter: Adi Briantika
Penulis: Adi Briantika
Editor: Bayu Septianto
DarkLight