Sempat Dinyatakan Positif, Asisten Pelatih Timnas Negatif COVID-19

Oleh: Hendi Abdurahman - 7 April 2020
Dibaca Normal 1 menit
Setelah melakukan swab test, asisten pelatih Timnas U19 Gong Oh-kyun dinyatakan negatif corona.
tirto.id - Asisten pelatih Timnas Indonesia sekaligus juru taktik Timnas U19, Gong Oh-kyun akhirnya dinyatakan negatif COVID-19. Hal tersebut diketahui usai pria asal Korea Selatan itu menjalani swab test yang hasilnya diumumkan hari ini, Selasa (7/4).

Sebelumnya, Gong Oh-kyun sempat dinyatakan positif usai melakukan tes cepat (rapid test) pada Sabtu (4/4) lalu. Kabar mengenai negatifnya Gong Oh-kyun disampaikan oleh dokter PSSI, Syarif Alwi sebagaimana dilansir laman resmi.

“Begitu pelatih Gong Oh-kyun dinyatakan positif corona melalui dua kali rapid test kami langsung melakukan swab test dan hasilnya negatif. Hasil ini langsung kami laporkan ke Ketua Umum PSSI Mochmad Iriawan,” kata Syarif Alwi.

“Setelah hasil swab test diketahui, pelatih Gong Oh-kyun langsung diperbolehkan pulang dari rumah sakit mulai hari ini. Saat ini kondisinya baik-baik saja,” tambahnya.

Kabar tersebut membuat Ketua Umum PSSI, Moch. Iriawan senang. Sementara itu, seluruh staf pelatih seperti Shin Tae-yong, Kim Hae-woon, Lee Jaehong dan Kim Kim Woo-jae telah pulang ke Korea Selatan.

“Kita juga berharap kondisi empat pelatih timnas yang sedang pulang ke Korsel terjaga baik, hingga saatnya nanti dapat kembali ke Indonesia untuk mempersiapkan timnas menghadapi berbagai agenda sepak bola internasional setelah pandemi virus corona berakhir,” kata Iriawan.

Guna menekan penyebaran corona, PSSI telah menetapkan para karyawannya untuk bekerja dari rumah atau Work from Home sejak 16 Maret lalu. Tak hanya itu, PSSI juga mengimbau para pemain dan seluruh insan sepak bola menerapkan Physical Distancing.

Teranyar, PSSI mengajak untuk berdonasi guna membantu terdampak corona, seperti dokter dan tim medis, masyarakat yang membutuhkan, hingga fasilitas publik dan rumah ibadah.

“Sebagai induk organisasi sepak bola di Indonesia dan memiliki jutaan suporter, PSSI mengajak seluruh pencinta sepak bola di tanah air untuk bersama-sama melawan pandemi ini dengan tenaga medis,” tulis keterangan PSSI.


Baca juga artikel terkait TIMNAS INDONESIA atau tulisan menarik lainnya Hendi Abdurahman
(tirto.id - Olahraga)

Kontributor: Hendi Abdurahman
Penulis: Hendi Abdurahman
Editor: Fitra Firdaus
DarkLight