Sekjen PSSI Bantah Isu Miring Soal Penunjukan Petinggi Baru PT LIB

Oleh: Herdanang Ahmad Fauzan - 28 Februari 2019
Ratu Tisha mengklaim penunjukan Gusti Randa dan Dirk Sopranit sebagai Komisaris dan Direktur Sementara PT LIB diputuskan secara bulat saat RUPS.
tirto.id - Sekretaris Jendral (Sekjen) PSSI, Ratu Tisha Destria mengklaim penunjukan Gusti Randa dan Dirk Sopranit sebagai Komisaris dan Direktur Sementara PT Liga Indonesia Baru (LIB) bukan karena federasi sedang dalam situasi terdesak.

"Keputusan ini bulat. Tidak ada deadlock," kata Tisha usai Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) Luar Biasa PT LIB di Hotel Sultan, Jakarta pada Kamis (28/2/2019).

Isu miring soal PSSI terdesak tak lepas dari hilangnya tiga nama yang sebelumnya dinominasikan 18 klub Liga 1 sebagai calon komisaris baru.

Berdasarkan penuturan narasumber dalam acara Mata Najwa, Rabu (20/2/2019), satu dari tiga nama yang dinominasikan tersebut diduga terlibat praktik pengaturan skor di Liga 1.

Sebaliknya, Tisha membantah alasan perubahan karena hal itu, melainkan sebab ada rencana PSSI menghelat Kongres Luar Biasa (KLB).

"Semua karena mempertimbangkan keputusan Exco untuk menggelar KLB. PSSI harus bertanggung jawab, memastikan kickoff Liga 1 sesuai dengan ketetapan kongres tahunan," ujar Tisha.

Jika tidak ada perubahan, Gusti Randa dan Dirk Soplanit, dua pejabat sementara PT LIB akan menjabat komisaris dan direktur sementara PT LIB sampai ada restrukturisasi kepengurusan PSSI pada KLB.

Agenda KLB akan diupayakan PSSI berlangsung sebelum kompetisi Liga 1 dimulai. Namun kepastian mengenai tanggal baru akan diumumkan setelah federasi berkoordinasi dengan FIFA.


Baca juga artikel terkait PSSI atau tulisan menarik lainnya Herdanang Ahmad Fauzan
(tirto.id - Olahraga)

Reporter: Herdanang Ahmad Fauzan
Penulis: Herdanang Ahmad Fauzan
Editor: Addi M Idhom