Sekitar 400 Hektare Tanaman Padi di Kalimantan Selatan Gagal Panen

Reporter: Antara - 15 Mei 2021
Berdasarkan keterangan Dinas Pertanian Tanah Bumbu, Tanaman padi yang gagal panen tersebut ada yang baru ditanam dan yang sudah siap panen.
tirto.id - Sekitar 400 hektare, luas sawah tanaman padi milik petani di Kecamatan Satui, Kabupaten Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan gagal panen. Hal tersebut diakibatkan daerah tersebut terendam banjir.

Kepala Dinas Pertanian Tanah Bumbu Faurazi Akbar, melalui Kepala Bidang Tanaman Pangan Roby mengatakan, tanaman padi itu ada yang baru tanam dan yang sudah siap panen.

"Kemungkinan untuk dapat menyelamatkan tanaman padi tersebut sangat kecil, karena air masih menggenangi lokasi persawahan sejak Kamis (14/5/2021)," kata Faurazi, seperti dikutip dari Antara, Sabtu (15/5/2021).


Mengurangi kerugian petani di Kecamatan Satui tersebut, Dinas Pertanian Tanah Bumbu mengusulkan bantuan bibit padi kepada Dinas Pertanian Provinsi Kalsel. Bibit padi itu rencananya akan dibagikan kepada petani yang terdampak banjir secara gratis.

Sebelumnya, para petani tersebut juga disarankan untuk mendaftarkan tanaman padi tersebut kepada pihak pihak asuransi. Ini agar, jika ada musibah atau gagal panen pada tanaman tersebut, pemilik dapat melakukan pengeklaiman kepada pihak asuransi.

"Insya Allah dalam waktu dekat usulan bantuan bibit padi kepada Dinas Pertanian Provinsi Kalsel akan terealisasi. Apabila sudah datang segera mungkin akan kami bagikan kepada mereka melalui kelompok tani," tuturnya.

Baca juga artikel terkait GAGAL PANEN atau tulisan menarik lainnya
(tirto.id - Bisnis)

Reporter: Antara
Editor: Dieqy Hasbi Widhana
DarkLight