Sejumlah Musisi Tampil dalam Konser Tribute to Guns N Roses

Oleh: Nuran Wibisono - 13 September 2018
Dibaca Normal 1 menit
Konser menampilkan Aria Baron, Candil, hingga Iga Massardi.
tirto.id - Menjelang konser Guns N Roses di Jakarta pada 8 November 2018, sejumlah musisi tampil dalam acara Tribute to Guns N Roses “Not in This Lifetime Tour”. Dalam konser penghormatan yang diadakan di Hard Rock Cafe Jakarta ini, terdapat nama-nama tenar seperti Aria Baron, Candil, Kikan, hingga Iga Massardi.

“Saya tumbuh bersama Guns N Roses sebagai kompas dalam mempelajari gitar yang kemudian menjadi karier utama saya. Sangat menyenangkan untuk bernostalgia dan seru-seruan di acara ini, it’s Paradise City all over again!” kata Iga.

Adib Hidayat selaku juru bicara promotor berkata bahwa konser penghormatan ini merupakan inisiatif promotor untuk meyakinkan publik Indonesia bahwa konser Guns N Roses tetap akan berlangsung tanpa perubahan. Para musisi yang dipilih juga sengaja lintas genre dan lintas umur, untuk menunjukkan bahwa betapa besar pengaruh Guns N Roses bagi para musisi.

“Kalau ada musisi yang bilang gak kenal Guns N Roses, aneh rasanya. Itu sama kayak musisi gak kenal The Beatles. Nama Guns N Roses memang sudah jadi biblikal,” ujar Adib.

Sesuai rencana, Guns N Roses akan tampil di Jakarta dalam rangkaian tur dunia Not in This Lifetime. Konser akan bertempat di Gelora Bung Karno. Dalam momen penjualan tiket pre-sale pada 27 Juni 2018, tiket dengan harga khusus itu ludes terjual dalam waktu 3 jam saja. Ini membuktikan betapa besarnya minat penonton Indonesia pada konser ini.

Tur Not in This Lifetime ini memang mendulang sukses besar. Pada 2017, tur ini berada di peringkat dua dalam daftar tur terlaris dengan menjual 2,6 juta lembar tiket. Hingga sekarang, tur ini diperkirakan sudah meraup sekitar 480 juta dolar, membuatnya duduk di peringkat empat dalam daftar tur berpendapatan kotor terbesar sepanjang masa.

Konser Guns N Roses di Jakarta dipromotori oleh UnUsUaL Entertainment Pte Ltd dan Third Eye Management (TEM), dua promotor konser besar yang pernah membawa musisi seperti Pet Shop Boys, Air Supply, Sting, hingga Foo Fighters untuk tur Asia.

Ini bukan kali pertama Guns N Roses datang ke Jakarta. Sebelumnya, band yang lahir di Los Angeles ini pernah tampil di Jakarta pada 2012 dalam rangkaian tur Appetite for Democracy. Namun saat itu, personel aslinya hanya Axl Rose. Barulah ketika tur Not in This Lifetime dimulai pada 2016, Slash dan Duff turut bergabung.

“Kali ini pun Slash dan Duff tetap akan tampil. Kemarin kan sempat ada pertanyaan apakah Slash bisa ikut, karena dia sedang tur proyek solonya bareng Myles Kennedy. Itu karena Guns N Roses sedang istirahat sebelum mulai tur. Jadi nanti ketika tur dimulai lagi, Slash akan kembali bergabung,” kata Adib.

Hingga sekarang, promotor menargetkan 50.000 penonton, tidak jauh dari kapasitas penonton di Stadion Gelora Bong Karno yang bisa menampung sekitar 76.000 penonton.

Baca juga artikel terkait GUNS N ROSES atau tulisan menarik lainnya Nuran Wibisono
(tirto.id - Hard News)


Penulis: Nuran Wibisono
Editor: Nuran Wibisono