Sejarah Valentino Rossi di MotoGP: Dari Honda, Pensiun di Yamaha?

Oleh: Permadi Suntama - 30 Januari 2020
Dibaca Normal 1 menit
Valentino Rossi merupakan salah satu legenda hidup dalam sejarah MotoGP yang punya seabrek prestasi di sepanjang kariernya. Bermula dari Honda, akankah The Doctor pensiun di Yamaha?
tirto.id - Valentino Rossi merupakan salah satu legenda hidup dalam sejarah MotoGP yang punya seabrek prestasi di sepanjang kariernya. Namun, rider asal Italia ini berjuluk The Doctor ini tidak dipakai lagi oleh tim Monster Energy Yamaha (Yamaha Factory Racing MotoGP) untuk musim depan. Apakah Valentino Rossi bakal pensiun?

Yamaha memutuskan memilih Fabio Quartararo untuk mendampingi Maverick Vinales di MotoGP mulai musim 2021 sehingga praktis menjadikan Valentino Rossi terdepak. The Doctor sendiri belum memutuskan apakah akan mengakhiri kariernya atau tetap lanjut dengan pabrikan baru.

Jika Valentino Rossi memutuskan pensiun, maka MotoGP 2020 akan menjadi panggung terakhir dalam 24 tahun karier profesionalnya di dunia balap motor. Debutnya dimulai pada musim 1996 dengan memperkuat tim asal Italia, Scuderia AGV Aprilia, di kelas 125cc (sekarang Moto3).

Di musim perdana sebagai pembalap profesional, Valentino Rossi menduduki peringkat 9 klasemen akhir MotoGP kelas 125cc. Dari 15 seri yang diikuti, ia berhasil 2 kali naik podium, salah satunya menjadi juara.

Karier cerah Valentino Rossi dimulai pada musim keduanya atau musim 1997 saat ia pindah ke tim Nastro Azzurro Aprilia. Rossi berhasil menjadi juara MotoGP kelas 125cc dengan memenangi 11 Grand Prix, dari total 15 seri yang dipertandingkan.

Kegemilangan tersebut membuat diri Valentino Rossi naik ke kelas 250cc, masih dengan tim yang sama, Nastro Azzurro Aprilia. Di musim perdananya di kelas 250cc, Valentino Rossi mengakhiri musim di posisi runner up di bawah Loris Capirossi yang menjadi juara.


Juara Dunia MotoGP 7 Kali

Valentino Rossi berganti tim pada musim keduanya di kelas 250cc, kali ini ia bergabung dengan Aprilia Grand Prix Racing. Sekali lagi, pembalap yang di kemudian hari dijuluki The Doctor ini mampu meraih gelar juara di akhir musim dengan menjuarai 9 Grand Prix.

Keberhasilan Valentino Rossi menjadi juara kelas 250cc membuat Honda menggaetnya. Sama seperti musim perdana di 2 kelas sebelumnya, Rossi baru menjadi juara dunia di musim kedua, tepatnya pada MotoGP 2001.

Valentino Rossi meraih juara dunia MotoGP 2001 dan terus melanjutkan sukses bersama Honda dengan merengkuh juara dunia lagi untuk edisi 2002 serta 2003. Namun, ia lalu berseteru dengan dewan direksi Honda yang mengakibatkan The Doctor terpaksa hengkang dan menyeberang ke Yamaha.

Keputusan Valentino Rossi berpaling ke Yamaha mengejutkan banyak pihak. Pasalnya, Yamaha saat itu bukanlah tim yang kompetitif. Namun, Valentino Rossi seakan ingin menunjukkan bahwa dirinya bisa mengalahkan Honda yang kerap disebut sebagai tim terbaik.

The Doctor ternyata bisa membuktikan bahwa keputusannya itu tepat. Bersama Yamaha, ia empat kali menyabet gelar juara dunia MotoGP, yakni edisi 2004, 2005, 2008, dan 2009. Total, Valentino Rossi mengoleksi 7 kali juara dunia MotoGP: tiga kali saat di Honda kemudian empat kali bareng Yamaha.

Sempat pindah ke Ducati sebelum kembali ke Yamaha, Valentino Rossi terus mencoba bersaing dengan para pembalap muda MotoGP yang datang silih berganti. Namun, faktor usia memang tidak bisa dibohongi. The Doctor yang dulu perkasa mulai kesulitan naik podium seperti yang biasa ia lakukan.

Memulai karier MotoGP bareng Honda, akankah Valentino Rossi pensiun di Yamaha?



Baca juga artikel terkait VALENTINO ROSSI atau tulisan menarik lainnya Permadi Suntama
(tirto.id - Olahraga)

Kontributor: Permadi Suntama
Penulis: Permadi Suntama
Editor: Iswara N Raditya
DarkLight