Kualifikasi Piala Dunia 2022

Sejarah Rekor Pertemuan Timnas Indonesia vs Thailand: Garuda Kalah

Oleh: Iswara N Raditya - 10 September 2019
Dibaca Normal 1 menit
Sejarah rekor pertemuan Timnas Indonesia vs Thailand menunjukkan tim Garuda lebih banyak menelan kekalahan dari pasukan Gajah Putih.
tirto.id - Pertandingan Kualifikasi Piala Dunia 2022 Grup G antara Timnas Indonesia vs Thailand akan dihelat di Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta, Selasa (10/9/2019) mulai jam 19.30 WIB. Sejarah rekor pertemuan Indonesia vs Thailand rupanya berpihak kepada pasukan Gajah Putih. Itu artinya, tim Garuda masih sering kalah.

Ini merupakan laga kedua bagi kedua tim. Di pertandingan pertama beberapa waktu lalu, Indonesia harus menelan pil malu setelah dipecundangi Malaysia di kandang sendiri dengan skor 2-3 dalam duel yang diwarnai dengan kericuhan akibat ulah suporter tim Merah-Putih.

Sementara Thailand juga gagal mendulang poin penuh dalam laga perdananya di Kualifikasi Piala Dunia 2020 Grup G. Menjamu Vietnam di Thammasat Stadium, Chanathip Songkrasin dan kawan-kawan tidak mampu menjebol gawang lawan dan hanya mendapatkan hasil imbang dengan skor 0-0.

Timnas Indonesia yang kini dibesut oleh Simon McMenemy harus segera melupakan hasil buruk kontra Malaysia kendati lawan berikutnya adalah Thailand. Apesnya, tim Garuda lebih sering menderita kekalahan setiap kali bersua dengan tim Gajah Putih dalam sejarah pertemuan kedua tim.

Dikutip dari Detik Sport berdasarkan data RSSSF, duel antara Indonesia vs Thailand sudah dilangsungkan sebanyak 69 kali. Thailand berhasil menang 36 kali, sedangkan Indonesia meraih kemenangan 21 kali, serta 12 pertandingan lainnya berakhir sama kuat.

Indonesia mencatatkan kemenangan dengan skor terbesar kontra Thailand pada 1962 silam dengan skor 7-0 meskipun bukan di ajang resmi yakni Vietnam National Day. Di SEA Games 1985 yang digelar di Bangkok, Thailand gantian menang besar atas Indonesia dengan skor identik.

Di 5 perjumpaan terakhir, dikutip dari Soccerway, Indonesia hanya mampu menang 2 kali dari Thailand yakni di Piala AFF 2010 dengan skor 2-1, lalu di final leg pertama Piala AFF 2016 juga dengan skor 2-1, di kandang sendiri.


Sementara Thailand unggul 3 kali atas Indonesia dalam 5 pertemuan terbaru kedua tim, yakni dua kali di Piala AFF 2016 dengan skor 4-2 (Babak Penyisihan Grup A) dan 2-0 (final leg kedua) serta di Piala AFF 2018 lalu juga dengan skor 4-2.

Simon McMenemy dihadapkan pekerjaan berat melawan Thailand. Pelatih asal Skotlandia ini akan tetap mengandalkan paduan pemain muda seperti Saddil Ramdani, Zulfiandi, Evan Dimas, juga Irfan Jaya dengan barisan pemain berpengalaman macam Beto, Ruben Sanadi, serta sang kapten Andritany Ardhiyasa.

Perkiraan Susunan Pemain

Indonesia (4-2-3-1): Andritany Ardhiyasa; Manahati Lestusen, Hansamu Yama, Yanto Basna, Ruben Sanadi; Zulfiandi, Evan Dimas; Irfan Jaya, Saddil Ramdani, Stefano Lilipaly; Alberto Goncalves.

Thailand (4-3-3): Kawin Thamsatchanan; Tristan Do, Adisorn Promrak, Pansa Hemviboon, Theerathon Bunmathan; Sarach Yooyen, Tanaboon Kesarat, Supachok Sarachat; Ekanit Panya, Chanatip Songkrasin, Supachai Jaided.

Baca juga artikel terkait TIMNAS INDONESIA atau tulisan menarik lainnya Iswara N Raditya
(tirto.id - Olahraga)

Penulis: Iswara N Raditya
Editor: Fitra Firdaus
DarkLight