Hari Pasar Modal 2022

Sejarah Pasar Modal dan Link Twibbon Hari Pasar Modal 3 Juni 2022

Kontributor: Ilham Choirul Anwar, tirto.id - 3 Jun 2022 19:35 WIB
Dibaca Normal 1 menit
Berikut ini sejarah pasar modal Indonesia yang diperingati setiap 3 Juni 2022. Temukan link twibbon untuk menyemarakkan Hari Pasar Modal 2022 di artikel ini
tirto.id - Pasar modal di Indonesia sudah berdiri sejak zaman pemerintahan Belanda. Peringatan Hari Pasar Modal dilakukan setiap 3 Juni setiap tahunnya. Berikut ini sejarah Hari Pasar Modal dan link twibbon untuk meramaikannya.

Indonesia memiliki pasar modal dengan dibukanya Bursa Efek pada 3 Juni 1952. Sebelumnya, pasar ini sempat ditutup akibat Perang Dunia I dan II.

Dengan kembalinya pasar modal, maka setiap 3 Juni ditetapkan sebagai Hari Pasar Modal di Indonesia.


Bursa Efek dioperasikan oleh Perserikatan Perdagangan Uang dan Efek (PPUE), yang kala itu di bawah kepemimpinan Presiden Soekarno.

PPUE tersusun dari bank negara, bank swasta, dan para pialang efek. Bursa ini terus beroperasi hingga sekarang.

Jika menengok lebih jauh ke belakang, sebenarnya pasar modal di Indonesia sudah dibentuk pada Desember 1912. Di situs IDX disebutkan, kala itu, bursa efek ditangani oleh pemerintahan Belanda di Batavia (Jakarta).

Lalu, terjadinya Perang Dunia I dan Perang Dunia II membuat vakum Bursa Efek Indonesia, masing-masing pada periode 1914-1918 dan 1939-1952.

Semenjak itu juga, pasar modal di Indonesia mengalami kemerosotan.

Pasar modal di Indonesia makin bergairah saat Presiden Soeharto meresmikan Bursa Efek Jakarta (BEJ) pada Agustus 1977.

Pendirian BEJ dilandasi Keputusan Presiden No. 52 Tahun 1976 tentang pendirian Pasar Modal, membentuk Badan Pembina Pasar Modal, serta membentuk Badan Pelaksana Pasar Modal (Bapepam). Selanjutnya, pada Juni 1989 dibentuk Bursa Efek Surabaya (BES).


Dalam perjalanannya, BEJ dan BES akhirnya digabung. Hasil dari merger tersebut berdirilah Bursa Efek Indonesia (BEI) di tahun 2007.


Link Twibbon Hari Pasar Modal 2022


Hari Pasar Modal tahun 2022 memiliki beberapa twibbon yang tersebar di dunia maya. Twibbon merupakan media kampanye mengenai tema-tema tertentu.

Twibbon adalah sebuah bingkai digital yang memuat konten tema khusus, yang kemudian di tengah bingkai bisa disisipi foto diri.

Sebuah gambar twibbon menggambarkan bentuk dukungan seseorang atas suatu kampanye.

Dengan memasang gambar twibbon pada media sosial atau sebagai foto profil, orang lain yang melihat akan mengetahui bahwa pemasangnya telah mendukung sebuah kampanye.

Sebagai misal, pada twibbon pasar modal, penggunaannya adalah sebagai bentuk dukungan atas Hari Pasar Modal di Indonesia.

Berikut ini sejumlah tautan yang membawakan kampanye tema Hari Pasar Modal yang diperingati pada 3 Juni 2022:


Baca juga artikel terkait HARI PASAR MODAL atau tulisan menarik lainnya Ilham Choirul Anwar
(tirto.id - Sosial Budaya)

Kontributor: Ilham Choirul Anwar
Penulis: Ilham Choirul Anwar
Editor: Abdul Hadi

DarkLight