Sejarah Hari Satelit Palapa 9 Juli: Soeharto & Peluncuran Pertama

Oleh: Yulaika Ramadhani - 9 Juli 2020
Dibaca Normal 1 menit
Sejarah peluncuran satelit Palapa A1 yang merupakan satelit Indonesia pertama
tirto.id - Hari Satelit Palapa diperingati setiap 9 Juli untuk memperingati masa bersejarah peluncuran satelit pertama Indonesia. Satelit Palapa 1 diluncurkan dengan roket peluncur Delta 2914 buatan McDonnell Douglas.

Peluncuran satelit pertama ini tepatnya pada 8 Juli 1976 pukul 19.31 waktu Florida, Amerika Serikat, atau 9 Juli 1976 pukul 06.31 WIB.

Satelit Palapa A1 merupakan satelit Indonesia pertama. Satelit perdana ini diluncurkan pada 8 Juli 1976 dari Kennedy Space Center, Tanjung Canaveral, Amerika Serikat, kemudian dilepas di atas Samudera Hindia pada 83 derajat Bujur Timur (BT).

Soeharto terinspirasi menamakan satelit milik Indonesia dengan label Satelit Palapa karena janji Gajah Mada, yaitu sumpah tidak akan makan buah Palapa sebelum persatuan dan kesatuan Kerajaan Majapahit menjadi kenyataan

Kata A1 di belakangnya diberikan sebagai penanda urutan peluncuran satelit berikutnya. Satelit Palapa A2 diluncurkan beberapa bulan berselang, yakni tanggal 10 Maret 1977, diikuti dengan peluncuran-peluncuran selanjutnya.

Terwujudnya peluncuran satelit milik Indonesia bermula dari kehendak Soeharto yang ingin memangkas jarak komunikasi antar daerah di Indonesia yang memang memiliki wilayah yang amat luas demi tercapainya misi pembangunan nasional.

Pada tanggal 5 Juli 1974, kontrak kerjasama dengan Hughes Aircraft Company pditeken, demikian tercatat dalam buku Mengenang Sewindu SKSD Palapa (1984) terbitan Departemen Pariwisata, Pos, dan Telekomunikasi.


Hughes Aircraft Company berperan dalam pembangunan berbagai sarana pendukung satu per satu bisa dirampungkan, termasuk dua stasiun komunikasi, satu stasiun pengendali utama, lima stasiun lintasan utama, dan empat stasiun lintasan tipis, yang ditempatkan di wilayah-wilayah tertentu di Indonesia.

Hingga satelit selesai digarap pada Februari 1975. Soeharto senang bukan main dan memberikan nama Palapa untuk satelit perdana itu, lengkapnya Satelit Palapa A1. Satelit ini diklaim mampu menjangkau seluruh wilayah NKRI bahkan hingga negara tetangga, termasuk Malaysia, Filipina, Singapura, dan Thailand.

Saat hari peluncuran akhirnya tiba, Hughes Aircraft Company telah menyiapkan roket Delta 2914 sebagai peluncur satelit milik Indonesia.

Tanggal 8 Juli 1976, di Cape Canaveral, Florida, Amerika Serikat, pukul 19.30 waktu setempat, Palapa A1 diluncurkan lantas mengorbit dengan sukses di atas Samudera Hindia.


Baca juga artikel terkait HARI SATELIT PALAPA atau tulisan menarik lainnya Yulaika Ramadhani
(tirto.id - Teknologi)

Penulis: Yulaika Ramadhani
Editor: Iswara N Raditya
DarkLight