Sejarah Hari Lahir Pancasila 1 Juni, Makna Pancasila & Link Twibbon

Penulis: Yantina Debora, tirto.id - 31 Mei 2022 18:23 WIB
Dibaca Normal 2 menit
Sejarah Hari Lahir Pancasila 1 Juni 2022, kenapa diperingati di Ende NTT, makna Pancasila dan daftar link twibbon.
tirto.id - Upacara peringatan Hari Lahir Pancasila bakal digelar secara terpusat pada Rabu, 1 Juni 2022 di Lapangan Pancasila Ende, Kelurahan Kotaraja Kecamatan Ende Utara, Kabupaten Ende, Provinsi Nusa Tenggara Timur.

Pemilihan Ende sebagai lokasi peringatan Hari Lahir Pancasila sebab dalam pandangan Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Enda memiliki keistimewaan.

Menurut Wakil Kepala BPIP Prof Hariyono, ketika di Ende inilah, ada ruang bagi Bung Karno yang biasanya sangat sibuk mengkonsolidasikan perjuangan nasional, untuk merenungkan dasar-dasar negara yang kelak akan dia pimpin. Di Ende, Bung Karno sadar bahwa Indonesia itu bukan hanya Jawa.

Karena di Ende, menurutnya memiliki etnis dan agama yang beragam. Walaupun Bung Karno adalah pejuang dan tokoh dari kalangan Islam, tapi di Ende dia juga berdiskusi dengan tokoh-tokoh agama lain.

"Dari sinilah Ketuhanan menurut Bung Karno tak bisa dipersempit menjadi ketuhanan bagi agama tertentu," kata Prof Hariyono di Rumah Pengasingan Bung Karno di Ende Sabtu (28/5/2022).

Masyarakat Ende juga disebut sangat mendukung toleransi. Meskipun, ada etnis dan agama yang berbeda, tetapi masyarakatnya saling berinteraksi. Ende juga adalah wilayah yang mencerminkan kemaritiman.

Oleh sebab itu, kata Prof Hariyono, ketika Bung Karno pidato pada 1 Juni 1945, dikatakan bahwa Indonesia bukan hanya kelautan tetapi lautan yang ditaburi pulau-pulau. Sehingga, negara kepulauan ini tak bisa disatukan jika tidak memiliki dasar negara yang berakar dari nilai-nilai masyarakat.

Peringatan Hari Lahir Pancasila tahun ini bakal dilaksanakan dengan upacara secara hybrid (luring dan daring) sebagai upaya mendukung upaya pemerintah dalam mencegah, mengendalikan dan memutus mata rantai penyebaran Corona Virus Disease 2019 di Indonesia.

Peringatan ini bakal dihadiri oleh Presiden, Wakil Presiden, pimpinan lembaga negara, kementerian/lembaga, pemerintahan daerah provinsi, kabupaten/kota, perwakilan negara sahabat di Indonesia, perwakilan Republik Indonesia di luar negeri, dan para tokoh serta seluruh tamu undangan secara luring dan daring.

Acara Hari Lahir Pancasila ini disiarkan secara langsung pukul 09.00 WITA sampai selesai melalui saluran di kanal Youtube BPIP, laman Facebook BPIP, Instagram BPIP, dan siaran TV Nasional.

Tema peringatan Hari Lahir Pancasila 2022 yaitu "Bangkit Bersama Membangun Peradaban Dunia".

Sejarah Hari Lahir Pancasila 1 Juni


1 Juni 1945 ditetapkan sebagai Hari Lahir Pancasila berdasarkan Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 24 Tahun 2016 tentang Hari Lahir Pancasila. 1 Juni juga dijadikan sebagai hari libur nasional.

Sejarahnya berawal dari Jepang terdesak oleh pasukan Sekutu akibat serentetan kekalahan di Perang Asia Timur Raya pada 1944. Jepang lalu mengambil tindakan terkait wilayah pendudukannya, termasuk Indonesia.

Jepang harus segera menentukan nasib Indonesia yang diperkirakan bakal menjadi sasaran Sekutu. Perdana Menteri Jepang saat itu, Kuniaki Koiso berpendapat untuk memberikan kemerdekaan bagi Indonesia.

Meski terjadi perdebatan, janji kemerdekaan Indonesia mulai dilaksanakan dengan membentuk Dokuritsu Junbi Cosakai atau Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI) yang diresmikan pada 29 April 1945.

Selanjutnya BPUPKI mulai melakukan sisang resmi mulai 29 Mei 1945 terkait persiapan kemerdekaan serta kelengkapan yang dibutuhkan Indonesia untuk menjadi sebuah negara yang merdeka.

Pada 1 Juni 1945, Sukarno memperkenalkan 5 sila, yang terdiri dari Kebangsaan Indonesia, Internasionalisme dan Peri Kemanusiaan, Mufakat atau Demokrasi, Kesejahteraan Sosial, dan Ketuhanan Yang Maha Esa.

Meski belum ada kesepakatan yang dicapai terkait dasar negara hingga sidang usai, tetapi 1 Juni 1945 ditetapkan sebagai Hari Lahir Pancasila.

Makna dan Arti Pancasila


Dalam buku Wawasan Kebangsaan dan Nilai-Nilai Dasar Bela Negara, UU No. 10 Tahun 2004 tentang Pembentukan Peraturan Perundang-undangan, menjelaskan tentang kedudukan Pancasila, sebagai sumber dari segala sumber hukum negara.

Artinya, setiap kebijakan negara, tidak boleh bertentangan dengan nilai-nilai yang sudah terkandung dalam Pancasila.

Pancasila sebagai landasan Idiil berperan sebagai etika sosial, yakni seperangkat nilai-nilai yang secara terpadu, harus diwujudkan dalam kehidupan berbangsa dan juga bernegara.

Etika sosial yang dimaksud bisa mencakup banyak aspek: mulai dari aspek sosial budaya, politik dan pemerintahan, ekonomi dan bisnis, penegakkan hukum yang berkeadilan, keilmuan, serta lingkungan. Aspek-aspek ini beserta makna dari etika sosial ini sudah diatur dalam Tap MPR No.VI/MPR/2001.

Pancasila bisa juga dijadikan sebuah sistem karena keterkaitan antar sila-silanya itu sendiri, yang menjadikan Pancasila suatu kesatuan yang utuh. Poin-poin yang baik dari satu sila harus diamalkan dengan baik, dengan sila-sila yang lainnya.

Sementara itu, UUD 1945 memiliki peran sebagai sumber hukum tertinggi yang melandasi seluruh produk hukum di Indonesia.

Twibbon Hari Lahir Pancasila 1 Juni 2022


Salah satu cara memeriahkan Hari Lahir Pancasila tahun ini, Anda bisa menggunakan foto filter atau twibbon. Berikut daftar link twibbon Hari Lahir Pancasila yang bisa Anda gunakan:

Twibbon Hari Lahir Pancasila 2022
Twibbon Hari Lahir Pancasila 2022
Twibbon Hari Lahir Pancasila 2022
Twibbon Hari Lahir Pancasila 2022
Twibbon Hari Lahir Pancasila 2022
Twibbon Hari Lahir Pancasila 2022
Twibbon Hari Lahir Pancasila 2022
Twibbon Hari Lahir Pancasila 2022
Twibbon Hari Lahir Pancasila 2022
Twibbon Hari Lahir Pancasila 2022
Twibbon Hari Lahir Pancasila 2022




Baca juga artikel terkait HARI LAHIR PANCASILA atau tulisan menarik lainnya Yantina Debora
(tirto.id - Sosial Budaya)

Penulis: Yantina Debora
Editor: Iswara N Raditya

DarkLight