Pahlawan Sepak Bola

Sejarah 10 November: Kiper Jerman Pahlawan Arsenal, Jens Lehmann

Oleh: Rifki Ahmad Nurfauzi - 10 November 2020
Dibaca Normal 1 menit
Jens Lehmann adalah pahlawan Arsenal yang kini telah menjadi legenda sepak bola bagi The Gunners.
tirto.id - Jens Lehmann adalah pesepakbola yang lahir di Essen, Nordrhein-Westfalen, Jerman Barat, tanggal 10 November 1969. Mantan kiper andalan Timnas Jerman dan pahlawan Arsenal ini telah menjadi seorang legenda di dunia sepak bola, khususnya bagi publik The Gunners.

Dikutip dari Transfermarkt, pesepakbola bernama lengkap Jens Gerhard Lehmann yang hari ini genap berusia 51 tahun itu memulai karier sepak bola profesional pertamanya di FC Schalke 04 sejak 1988.

Selama 10 tahun membela Schalke, pada 1998 Lehmann bergabung ke raksasa Liga Italia Serie A, AC Milan, pada bursa transfer musim panas. Bersama Rossoneri, karier kiper yang biasa dijuluki "Si Gila" ini tidak begitu cemerlang.

Lehmann tercatat hanya tampil 6 kali selama 1 musim berseragam AC Milan karena kalah saing dengan kiper muda Milan saat itu, Cristian Abbiati, dan penjaga gawang senior, Sebastian Rossi.

Lantaran kurang maksimal di AC Milan, Lehmann dijual ke Borrusia Dortmund. Bertahan hingga musim 2003 di Dortmund, Lehmann menarik minat pelatih Arsenal kala itu, Arsene Wenger. Bersama The Gunners, kariernya melejit dan menjadi salah satu kiper terbaik dunia pada masa itu.


Pahlawan Arsenal Penerus Seaman

Lehmann bergabung dengan Arsenal di usia yang sudah tidak muda lagi, yakni pada umur 33 tahun). Bebannya cukup berat karena ia harus meneruskan peran David Seaman, sosok yang sebelumnya paten mengawal gawang The Gunners dan turut membawa Arsenal berjaya.

Seaman yang juga merupakan kiper andalan Timnas Inggris saat itu merupakan bagian dari era kejayaan Arsenal. Musim 2001/2002, skuad asuhan Wenger meraih 2 gelar sekaligus yakni trofi Premier League dan Piala Liga Inggris.

Menggantikan sosok David Seaman di bawah mistar gawang Arsenal tentu bukan tugas yang mudah bagi Jens Lehmann. Namun demikian, kepercayaan Wenger kepada Lehmann justru membuat dirinya membuktikan kualitas.

Di musim pertama bersama The Gunners, Lehmann hanya kebobolan 26 gol dan menjadi tim yang tak terkalahkan sepanjang musim. Dikutip dari laman resmi English Premier League, Lehmann mencatatkan 15 kali clean sheet di musim pertamanya bersama Arsenal.


Legenda Hidup The Gunners

Lehmann bertahan di Arsenal hingga musim 2007/08. Di musim terakhirnya, ia hanya bermain sebanyak 7 kali dengan 2 kali clean sheet. Pada musim berikutnya, Lehmann pulang ke Jerman dan bergabung dengan Stuttgart hingga musim 2010.

Bermain 2 musim untuk Stuttgart, Lehmann menyatakan berhenti untuk sementara waktu sebagai pemain sepak bola profesional di musim 2010/11.

Memasuki musim 2011/12, Lehmann memutuskan untuk balik ke Arsenal di bawah asuhan pelatih yang sama, Arsene Wenger. Sang profesor kembali menggunakan jasanya lantaran The Gunners sedang krisis kiper.

Saat itu, Arsenal hanya menyisakan Manuel Almunia. Lukas Fabianski absen hingga akhir musim lantaran masalah bahu dan Wojciech Szczesny cedera jari dalam kekalahan Liga Champions dari Barcelona musim 2010/2011.

Maka dari itu, tenaga Lehmann kembali dibutuhkan untuk menambal krisis di sektor penjaga gawang. Sang pahlawan akhirnya menutup karier di Arsenal di pengujung musim bulan madu keduanya itu.

Sepanjang kiprahnya di Arsenal, Jens Lehmann mencatatkan 148 kali penampilan, 54 di antaranya berhasil clean sheets, memenangkan 89 laga, dan hanya merasakan 23 kali kekalahan. Lehmann pun tercatat sebagai salah satu legenda hidup The Gunners.

Baca juga artikel terkait HARI PAHLAWAN atau tulisan menarik lainnya Rifki Ahmad Nurfauzi
(tirto.id - Olahraga)

Kontributor: Rifki Ahmad Nurfauzi
Penulis: Rifki Ahmad Nurfauzi
Editor: Iswara N Raditya
DarkLight