Sebanyak 82.971 Kendaraan Tinggalkan Jakarta Lewat Tol Cikampek

Oleh: Alexander Haryanto - 20 Mei 2020
Selama H-7 sampai H-5 Lebaran 2020, sebanyak 82.971 kendaraan pergi meninggalkan Jakarta lewat Tol Jakarta-Cikampek.
tirto.id - Sebanyak 82.971 kendaraan pergi meninggalkan Jakarta lewat Tol Jakarta-Cikampek menuju Tol Trans Jawa dan Cipularang selama H-7 sampai H-5 Lebaran 2020. Hal itu disampaikan oleh Corporate Communications and Community Development Group Head PT Jasa Marga Dwimawan Heru.

Kendati demikian, Heru mengatakan, pihaknya tetap mengimbau pengguna jalan tol ikut dalam mencegah penularan COVID-19, dengan tidak mudik dan tidak piknik pada Lebaran tahun ini.

Menurut dia, jumlah kendaraan dari Tol Jakarta-Cikampek meninggalkan Jakarta itu turun 74 persen dibandingkan Lebaran 2019.

"Terjadi penurunan arus lalu lintas kendaraan yang meninggalkan Jakarta akibat pelaksanaan pengendalian transportasi di Jalan Tol Jakarta-Cikampek," kata dia seperti dilansir Antara.

Ia merincikan, kendaraan yang meninggalkan Jakarta melalui Gerbang Tol Cikampek Utama I itu turun sebesar 79 persen dari Lebaran tahun lalu, yakni sebanyak 46.584 kendaraan.

Kemudian, kendaraan yang meninggalkan Jakarta melintasi Gerbang Tol Kalihurip Utama 1 sebanyak 36.387 kendaraan atau turun sebesar 60 persen dari Lebaran tahun 2019.

Sehingga, total kendaraan yang melintas menuju arah Timur adalah sebanyak 82.971 kendaraan atau turun sebesar 74 persen dari Lebaran 2019.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo telah memutuskan untuk melarang aktivitas mudik menjelang Lebaran 2020 untuk mencegah penyebaran virus corona (Covid-19).

Larangan tersebut diputuskan dalam Rapat Terbatas (Ratas) di Istana Merdeka, Jakarta pada hari ini yang dilaksanakan via video konferensi.

Larangan mudik diberlakukan karena hasil survei Kementerian Perhubungan menunjukkan masih banyak masyarakat yang berniat pulang kampung menjelang Lebaran 2020.

Sebanyak 24 persen responden survei itu mengaku ingin mudik meski ada imbauan tidak melakukannya.


Baca juga artikel terkait MUDIK LEBARAN 2020 atau tulisan menarik lainnya Alexander Haryanto
(tirto.id - Sosial Budaya)

Sumber: Antara
Penulis: Alexander Haryanto
Editor: Agung DH
DarkLight