Sebagian Magelang & Temanggung Diguyur Hujan Abu Merapi

Sumber: Antara, tirto.id - 10 Agu 2021 11:55 WIB
Hujan abu terjadi setelah Gunung Merapi meluncurkan awan panas guguran, Selasa (10/8/2021) pagi.
tirto.id - Sebagai wilayah di Magelang dan Temanggung, Jawa Tengah, diguyur hujan abu dari Gunung Merapi. Hal itu terjadi setelah Merapi meluncurkan awan panas guguran, Selasa (10/8/2021) pagi.

Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Magelang M. Muzamil mengatakan ada empat kecamatan yang diguyur hujan abu, yakni Kecamatan Dukun, Sawangan, Grabag, dan Pakis.

Ia menyampaikan berdasarkan laporan yang masuk hingga pukul 09.00 WIB, hujan abu terjadi di sembilan desa di empat kecamatan.

Di Kecamatan Dukun, hujan abu terjadi di Desa Sengi dan Paten, di Kecamatan Sawangan di Desa Wonolelo dan Banyuroto, di Kecamatan Grabag terjadi di Desa Tlogorejo, Tirto, Lebak dan Grabag. Sedangkan di Kecamatan Pakis terjadi di Desa Daseh.

Hujan abu akibat awan panas guguran Gunung Merapi tersebut bukan hanya terjadi di wilayah Kabupaten Magelang, tetapi juga terjadi di sebagian wilayah Kabupaten Temanggung.

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Temanggung Totok Nursetyanto menyebutkan beberapa wilayah di Temanggung yang terdampak hujan abu Merapi, antara lain di Kecamatan Pringsurat, Kranggan, dan Temanggung.

Warga Pringsurat, Kabupaten Temanggung Gunawan mengatakan saat dirinya berangkat kerja terjadi hujan abu tipis, namun tidak mengganggu aktivitas warga.

Menurut dia, sejak status Gunung Merapi ditetapkan Siaga pada 5 November 2020, baru kali ini terjadi hujan abu sampai di wilayah Pringsurat.

Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) hingga kini masih mempertahankan status Gunung Merapi pada Level III atau Siaga.


Baca juga artikel terkait GUNUNG MERAPI atau tulisan menarik lainnya
(tirto.id - Sosial Budaya)

Sumber: Antara
Editor: Gilang Ramadhan

DarkLight