SEA Games 2019: Lifter Windy Cantika Raih Emas & Pecahkan Rekor

Oleh: Herdanang Ahmad Fauzan - 2 Desember 2019
Dibaca Normal 1 menit
Lifter junior Windy Cantika Aisah menyumbang emas untuk Indonesia di SEA Games 2019 dan memecahkan rekor.
tirto.id - Lifter junior Windy Cantika Aisah berhasil menambah perbendaharaan emas kontingen Indonesia pada ajang SEA Games 2019 Filipina, Senin (2/12/2019). Turun pada cabor angkat besi nomor 49 kilogram putri yang dihelat di RSMC Ninoy Aquino Stadium, Manila, Windy menjadi yang terbaik dengan total angkatan menyentuh 190 kilogram.

Dari beban 190 kilogram tersebut, 82 kilogram di antaranya merupakan angkatan snatch, sementara 104 kilogram lain adalah angkatan cleand and jerk. Capaian ini, secara otomatis turut membuat Windy memecahkan rekor dunia junior untuk angkatan snatch maupun clean and jerk.

“Raihan ini semua berkat rahmat Allah SWT, dan raihan ini saya persembahkan untuk bapak saya yang sedang operasi serta untuk semua yang mendukung yakni rakyat Indonesia," ujar Windy usai pengalungan medali, seperti dilansir Antara.


Ini bukan kali pertama Windy mematahkan rekor dunia junior 49 kilogram putri. Sebelumnya tiga kali sudah dia melakukan hal serupa, yakni pada Kejuaraan Asia di Cina (April 2019), Kejuaraan Dunia Junior di Fiji (Juni 2019), serta Kejuaraan Dunia Junior di Korea Utara (Oktober).

EMAS ANGKAT BESI 49KG WANITA
Atlet angkat besi Indonesia Windy Cantika Aisah mengangkat beban dalam pertandingan Angkat Besi 49Kg Wanita kategori Snatch SEA Games ke-30 di Stadion RSMC Nino Aquino, Manila, Filipina, Senin (2/12/19). ANTARA FOTO/Nyoman Budhiana/ama.


Dalam nomor 49 kilogram putri SEA Games 2019 kali ini, total angkatan Cindy seberat 190 kilogram jauh meninggalkan kompetitor-kompetitornya. Atlet nomor dua, Phyo Pyae Pyae (Myanmar) cuma bisa mengangkat 180 kilogram, sementara peraih medali perunggu Ngo Thi Quyen (Vietnam) hanya mencatatkan angkatan 172 kilogram.

Keberhasilan Windy menyabet emas juga jadi pelipur lara lantaran kontingen angkat besi andalan Indonesia lain, Lisaa Setiawati hanya bisa menyabet perak pada nomor 45 kilogram putri, Minggu (1/12/2019) kemarin.


Baca juga artikel terkait SEA GAMES atau tulisan menarik lainnya Herdanang Ahmad Fauzan
(tirto.id - Olahraga)

Penulis: Herdanang Ahmad Fauzan
Editor: Agung DH
DarkLight