SE Pelaksanaan Upacara Bendera Peringatan Hari Santri 2022

Kontributor: Tifa Fauziah, tirto.id - 20 Okt 2022 14:34 WIB
Dibaca Normal 1 menit
Berikut surat edaran pelaksanaan Upacara Bendera peringatan Hari Santri 22 Oktober 2022.
tirto.id - Hari Santri Nasional atau HSN diperingati setiap tanggal 22 Oktober. Agenda ini diresmikan oleh Presiden Joko Widodo pada tanggal 22 Oktober tahun 2015 di Masjid Istiqlal Jakarta.

Peringatan hari santri bertujuan untuk mengenang dan meneladani semangat jihad para santri dalam merebut dan mempertahankan kemerdekaan Indonesia yang dipimpin para ulama.

Tanggal 22 Oktober mengacu suatu peristiwa bersejarah, yaitu pidato yang disampaikan oleh Pahlawan Nasional KH. Hasjim Asy’ari pada 22 Oktober 1945.


Pidato tersebut berisi tentang perintah kepada umat Islam untuk berperang atau berjihad melawan tentara Sekutu yang akan menjajah kembali wilayah Republik Indonesia, setelah Proklamasi Kemerdekaan dideklarasikan.

Selain itu, peringatan Hari Santri ini merupakan bentuk pengakuan resmi pemerintah Republik Indonesia terhadap peran besar umat Islam dalam mempertahankan kemerdekaan Indonesia.

Oleh karena itu, setiap tahun pada tanggal 22 Oktober selalu dilaksanakan upacara bendera untuk memperingati Hari Santri Nasional.

Surat Edaran Pelaksanaan Upacara Bendera Peringatan Hari Santri 2022


Kemenag telah menerbitkan surat edaran pelaksanaan upacara bendera peringatan Hari Santri 2022 melalui SE nomor 27 tahun 2022. Dalam surat edaran tersebut dijelaskan bahwa:

1. Upacara bendera peringatan Hari Santri 2022 dilaksanakan serentak pada tanggal 22 Oktober 2022. Dengan tema “Berdaya Menjaga Martabat Kemanusiaan”

2. Sambutan Menteri Agama dapat diunduh melalui link: https://kemenag.go.id/archive/edaran-upacara-bendera-peringatan-hari-santri-2022

3. Upacara bendera peringatan hari santri 2022 di Kementerian Agama Pusat dilaksanakan di halaman kantor Kementerian Agama, Jl. Lapangan Banteng Barat No. 3-4 Jakarta Pusat. Disiarkan langsung melalui kanal media sosial Kementerian Agama

4. Peserta upacara memakai sarung, atasan putih, memakai peci untuk laki-laki. Untuk perempuan pakaian menyesuaikan

5. Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi dan Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten atau Kota memberitahukan Pimpinan Pesantren dan Pimpinan Pendidikan Keagamaan Islam di wilayahnya mengenai pelaksanaan upacara bendera peringatan hari santri 2022

6. Pejabat Pimpinan Tinggi Madya, Rektor atau Ketua Perguruan Tinggi keagamaan Islam, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi dan Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten atau Kota, Kepala Unit Pelaksana Teknis, Kepala Kantor Urusan Agama Kecamatan dan Kepala Madrasah mempublikasikan pelaksanaan upacara bendera peringatan hari santri 2022 di website, media sosial dan media lainnya.

7. Upacara bendera peringatan hari santri 2022 diselenggarakan sesuai dengan protokol kesehatan yang berlaku. Untuk mencegah dan mengendalikan COVID-19

Surat Edaran Panduan Pelaksanaan Peringatan Hari Santri 2022


Kemenag juga mengeluarkan SE nomor 13 tahun 2022 tentang panduan pelaksanaan peringatan hari santri 2022, yang berisi:

1. Logo peringatan hari santri 2022 dapat diunduh melalui link: https://kemenag.go.id/archive/tema-dan-logo-hari-santri-2022

2. Kegiatan dalam peringatan hari santri 2022 dalam bentuk:


  • Zikir, sholawat, munajat, doa kegiatan lainnya yang relevan dengan tema “Berdaya Menjaga Martabat Kemanusiaan”
  • Sosialisasi tema, logo dan rangkaian kegiatan peringatan hari santri 2022 melalui website, media sosial atau spanduk/baliho/standing banner

3. Semua kegiatan peringatan hari santri 2022 disesuaikan dengan kemampuan masing-masing. Dengan tetap menjaga prinsip kesederhanaan dan kekhidmatan.



Baca juga artikel terkait HARI SANTRI 2022 atau tulisan menarik lainnya Tifa Fauziah
(tirto.id - Pendidikan)

Kontributor: Tifa Fauziah
Penulis: Tifa Fauziah
Editor: Alexander Haryanto

DarkLight