SBY Akan Sikap Politik di Pidato Refleksi Akhir Tahun Nanti Malam

Oleh: Bayu Septianto - 11 Desember 2019
SBY akan menyampaikan pidato pandangan politiknya di Indonesia selama 2019 pada Rabu (11/12/2019) malam.
tirto.id - Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) akan menyampaikan pidato refleksi akhir tahun pada Rabu (11/12/2019) malam ini. Pandangan terhadap dinamika perpolitikan di Indonesia selama 2019 akan disampaikan SBY dalam pidatonya, termasuk solusi yang akan ditawarkannya.

"Refleksi akhir tahun ini tentu memotret perjalanan Indonesia selama satu tahun di 2019 ini. Tentu dinamika perjalanan indonesia meliputi perjalanan politik, hukum, keamanan, sosial kemasyarakatan, dan lain-lain," kata Ketua DPP Partai Demokrat, Didik Mukrianto di JCC, Senayan, Jakarta Pusat, Rabu (11/12/2019).

Menurut Didik, segala tantangan dan solusi dari SBY akan direkomendasikan kepada pemerintah. Rekomendasi ini sebagai upaya Demokrat menjadi bagian dari sistem demokrasi di Indonesia.

"Hasil potret itu yang akan kami rekomendasikan kepada pemerintah untuk menghadapi tantangan ke depan Tentu kita ingin di 2020 Indonesia lebih baik," jelasnya.

Sekretaris Fraksi Partai Demokrat di DPR RI ini mengatakan rekomendasi dan solusi yang disampaikan SBY nanti juga akan menjadi sikap politik Partai Demokrat.

"Secara utuh sikap kami nanti Pak SBY akan menyampaikan," katanya.

Didik tak mengiyakan saat ditanya mengenai ada atau tidaknya keterkaitan antara sikap politik dengan posisi Demokrat di pemerintahan Joko Widodo. Ia hanya menyatakan, Partai Demokrat tidak akan melakukan manuver politik yang tidak sesuai dengan kepentingan rakyat.

"Yang penting Demokrat akan tetap objektif dan rasional melihat kondisi bangsa ini secara keseluruhan. Kami tidak ingin melakukan manuver sikap yang tidak beriorientasi kepada fakta dan kepentingan rakyat," tutur Didik.


Baca juga artikel terkait SUSILO BAMBANG YUDHOYONO atau tulisan menarik lainnya Bayu Septianto
(tirto.id - Politik)

Reporter: Bayu Septianto
Penulis: Bayu Septianto
Editor: Widia Primastika
DarkLight