SBMPTN 2019: Cara Mengunduh Contoh Soal UTBK di Laman LTMPT

Oleh: Yulaika Ramadhani - 12 April 2019
Dibaca Normal 1 menit
Contoh soal UTBK SBMPTN 2019 yang digelar mulai 13 April bisa diunduh di portal LTMPT di http://pendaftaran-utbk.ltmpt.ac.id.
tirto.id - Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) gelombang I bakal digelar mulai besok, Sabtu 13 April 2019.

Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) menginformasikan peserta bisa belajar dengan menggunakan contoh soal UTBK yang dapat diunduh di laman resminya.


"Contoh soal UTBK bisa diunduh di Riwayat UTBK. Caranya Log in ke laman http://pendaftaran-utbk.ltmpt.ac.id," demikian cuitan LTMPT di twitter Sekretariat SBMPTN.

Cara mengunduh contoh soal UTBK dengan log in ke http://pendaftaran-utbk.ltmpt.ac.id.

Masukan email dan password yang telah terdaftar untuk masuk ke sistem. Pilih menu UTBK dan pilih Riwayat UTBK.

Selain contoh soal UTBK, peserta juga bisa mengunduh Kartu Peserta dan Tata Tertib pelaksanaan UTBK.

Peserta diimbau menggunakan komputer atau laptop dalam mengunduh contoh soal UTBK SBMPTN.

Pelaksanaan UTBK SBMPTN 2019 terdiri atas Tes Potensi Skolastik (TPS) dan Tes Kompetensi Akademik (TKA) yang sesuai dengan kelompok ujian setiap peserta ujian.

TPS mengukur kemampuan kognitif, yaitu kemampuan penalaran dan pemahaman umum yang penting untuk keberhasilan di sekolah formal, khususnya pendidikan tinggi.

Kemampuan ini meliputi kemampuan penalaran umum, pengetahuan kuantitatif, pengetahuan dan pemahaman umum, serta kemampuan memahami bacaan dan menulis.


TKA mengukur pengetahuan dan pemahaman keilmuan yang diajarkan di sekolah dan diperlukan seseorang agar dapat berhasil dalam menempuh pendidikan tinggi.

TKA juga mengukur kemampuan kognitif yang terkait langsung dengan konten mata pelajaran yang dipelajari di sekolah. Penekanan tes pada Higher Order Thinking Skills (HOTS).

Selain mengumumkan terkait contoh soal, LTMPT juga mengimbau agar peserta UTBK memperhatikan jadwal dan lokasi tes.

"Peserta harus hadir 30 menit sebelumnya. Mohon cek kembali lokasi dan ruang di mana peserta akan mengikuti tes. Jika perlu login dan cocokkan kembali kartu tanda peserta anda di laman pendaftaran UTBK," tulis LTMPT.


Tes UTBK SBMPTN 2019 bakal dibagi dalam Sesi Pagi yang dimulai pukul 7.30 dan Sesi Siang dimulai pukul 12.30 waktu setempat.


Baca juga artikel terkait SBMPTN 2019 atau tulisan menarik lainnya Yulaika Ramadhani
(tirto.id - Pendidikan)


Penulis: Yulaika Ramadhani
Editor: Dipna Videlia Putsanra