Satu SD dan Jalan Gayo Lues Aceh Rusak Diterjang Longsor

Reporter: Antara - 17 Januari 2021
Longsor merusak satu sekolah dasar dan menutup jalan antar-kecamatan di Gayo Lues, Aceh.
tirto.id - Longsor terjadi di daerah pegunungan Bukit Barisan di Kabupaten Gayo Lues, Provinsi Aceh, Minggu (17/1/2020). Akibat longsor, satu sekolah tertimpa material tanah dan menutupi jalan penghubung antar kecamtan di Gayo Lues.

Kepala BPBD Gayo Lues, Suhaidi mengatakan, longsor menimpa SDN Pepelah Kecamatan Pining.

“Tidak ada korban jiwa dalam musibah bencana alam ini, namun kondisi halaman sekolah rusak parah,” kata Suhaidi, melansir Antara.

Longsor terjadi akibat curah hujan tinggi, sehingga memicu pergeseran tanah yang menyebabkan bagian turap (dinding penahan tanah) di halaman sekolah rusak parah dan menimpa bangunan sekolah. Ia menambahkan, masih banyak ruangan di sekolah yang bisa dipakai untuk pembelajaran.

Sedangkan jalan yang longsor tepatnya berada di lintasan Blangkejeren Ibu Kota Kabupaten Gayo Lues-Aceh Tengah, tepatnya di kawasan Desa (Kampung) Badak, Dusun Kacang Minyak, Kecamatan Dabun Gelang, Gayo Lues.

Jalan tersebut tetutup material tanah longsor sepanjang 10 meter. Saat ini, warga dan aparat setempat mulai menyingkirkan material longsor dengan alat sederhana seperti cangkul dan sekop.

“Kami mengimbau masyarakat yang akan melintasi ruas jalan di Jalan lintas Blangkejeren-Pining Gayo Lues agar berhati-hati, karena masih rawan longsor,” imbuh Suhaidi.



Baca juga artikel terkait LONGSOR atau tulisan menarik lainnya
(tirto.id - Sosial Budaya)

Reporter: Antara
Editor: Zakki Amali
DarkLight