Satu Pegawai Kementerian Kelautan Diduga Terjangkit Corona COVID-19

Oleh: Vincent Fabian Thomas - 17 Maret 2020
Pegawai KKP yang diduga terjangkit Corona COVID-19 kondisi kesehatannya terus menurun.
tirto.id - Seorang pegawai Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) dilaporkan diduga terjangkit Corona COVID-19.

Berdasar memo internal KKP nomor 17-1/SJ/III/2020 tentang Penanggulangan Covid-19 di Lingkungan KKP, pegawai yang bersangkutan disebut telah sakit sejak pekan lalu dan kondisinya semakin memburuk.

Memorandum tersebut ditandatangani oleh Sekretaris Jenderal KKP, Antam Novambar pada tanggal 17 Maret 2020.

Dalam poin 3 memo itu menyebutkan pada tanggal 16 Maret 2020, ia sudah masuk RS Karya Medika Bekasi. Kondisi ini telah dilaporkan kepada Menteri Kelautan dan Perikanan dan akan segera dirujuk ke RSPAD.

“Hasil Rontgen menunjukan infeksi paru-paru dan positif suspect Covid-19 dengan tingkat kesadaran hari ini 50 persen dan menurun jadi 30 persen,” sebut Antam.

Reporter Tirto telah berupaya menghubungi Kepala Biro Humas dan Kerja Sama Luar Negeri KKP, Agung Tri Prasetyo untuk mengonfirmasi memo itu lewat pesan dan telepon. Namun ia tak mereponsnya.

Namun, Agung telah menyampaikan pernyataan pres. Agung menyebut, status pegawai KKP tersebut adalah suspect COVID-19.

“Kita bergerak cepat, Pak Menteri Kelautan dan Perikanan sudah menghubungi Menteri Kesehatan agar yang bersangkutan segera dilarikan ke rumah sakit rujukan,” ucap Agung Tri Prasetyo, Selasa.

Agung memang tak merinci keadaan pegawai dalam rilis yang dikirim ke wartawan. Ia hanya mengatakan, pegawai itu membutuhkan penanganan medis segera, tetapi belum ada kejelasan mengenai status terakhir, positif atau negatif COVID-19.

"Kami masih menunggu hasil pemeriksaan,” sebut Agung.

Agung memastikan KKP telah mengantisipasi penyebaran Coronavirus. Di antaranya melalui penyemprotan disinfektan ke seluruh Gedung Mina Bahari I, II, III, dan IV sampai penerapan work from home bagi Sebagian eselon serta penyebaran Hand Sinitezer ke banyak titik.




Baca juga artikel terkait PASIEN SUSPECT CORONA atau tulisan menarik lainnya Vincent Fabian Thomas
(tirto.id - Kesehatan)

Reporter: Vincent Fabian Thomas
Penulis: Vincent Fabian Thomas
Editor: Zakki Amali
DarkLight