Pandemi COVID-19

Satgas COVID-19 Ungkap Detail Hotel yang Kerja Sama Isolasi Mandiri

Oleh: Andrian Pratama Taher - 24 September 2020
Dibaca Normal 1 menit
Satgas COVID-19 sudah mendapat beberapa hotel yang bersedia ikut program isolasi mandiri di hotel dan bekerja sama dengan pemerintah.
tirto.id - Satuan Tugas Penanganan COVID-19 (Satgas COVID-19) mencatat beberapa hotel di 9 provinsi prioritas sudah mulai bergabung dengan program isolasi mandiri di hotel.

Juru Bicara Satgas COVID-19 Wiku Adisasmito menuturkan, pemerintah di bawah komando Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut B. Pandjaitan dan Ketua Satgas COVID-19 Doni Monardo sudah melakukan pendataan. Mereka sudah mendapat beberapa hotel yang bersedia untuk ikut program isolasi mandiri di hotel dan bekerja sama dengan pemerintah.

“Satgas dengan dipimpin dua minggu terakhir ini oleh Bapak Luhut bersama dengan Pak Doni sebagai ketua Satgas telah mengidentifikasi dan bekerja sama dengan PHRI, persatuan hotel dan restoran Indonesia untuk mendata hotel hotel bintang 2 dan bintang 3 di 9 provinsi prioritas dan per 22 September kami sudah mengidentifikasi beberapa hotel untuk kepentingan tersebut," kata Wiku dalam konferensi pers secara daring dari Istana Kepresidenan, Jakarta, Kamis (24/9/2020).

Wiku menuturkan sejumlah hotel di beberapa provinsi yang sudah bersedia bekerja sama. Di Sumatera Utara ada 6 hotel dengan total kamar 449 dan terus bertambah. Kemudian di Jawa Barat ada 17 hotel dengan 949 kamar.

Kemudian DKI Jakarta ada 31 hotel dengan total 4.116 kamar; Jawa Timur ada 16 hotel dengan total 2.160 kamar; Bali ada 10 hotel dengan total 1.559 kamar; Kalimantan Selatan dengan 13 hotel dengan jumlah 992 kamar; serta Papua sebanyak 13 hotel dengan 1.797 kamar.

Jumlah yang ada pun berusaha ditambah di beberapa provinsi. Wiku optimistis jumlah kamar bantuan dari hotel bisa mengakomodir kebutuhan isolasi mandiri di 9 provinsi prioritas.

"Jadi hotel dan jumlah kamar cukup memadai untuk kepentingan mendukung isolasi mandiri dan ini atas kerja sama pemerintah pusat dengan PHRI dan pemerintah daerah sehingga masyarakat yang memerlukan isolasi mandiri dapat tertangani dengan baik di fasilitas tersebut," kata Wiku.


Baca juga artikel terkait VIRUS CORONA atau tulisan menarik lainnya Andrian Pratama Taher
(tirto.id - Kesehatan)

Reporter: Andrian Pratama Taher
Penulis: Andrian Pratama Taher
Editor: Abdul Aziz
DarkLight