Satgas COVID-19 Klarifikasi soal Isu Klaster Hotel Sari Pan Pacific

Oleh: Andrian Pratama Taher - 30 September 2020
Satuan Tugas Penanganan (Satgas) COVID-19 menjawab soal isu munculnya Hotel Sari Pan Pasific disebut sebagai klaster penularan COVID-19.
tirto.id - Satuan Tugas Penanganan (Satgas) COVID-19 menjawab soal kabar pegawai Hotel Sari Pan Pacific terpapar COVID-19. Dewan Pakar Satgas COVID-19 Dewi Nur Aisyah mengatakan, Satgas justru tidak menemukan pegawai yang positif COVID-19 melainkan keluarga dari karyawan hotel.

"Setelah dilakukan penelusuran kontak ini, akhirnya penting sekali adanya penyelidikan epidemiologi dan kontak tracing dilakukan swab kepada 52 karyawan kontak eratnya, karyawan tersebut semuanya negatif," kata Dewi dalam diskusi COVID-19 dalam Angka yang ditayangkan dari Gedung BNPB, Jakarta, Rabu (30/9/2020).

Sebelumnya, beredar isu bahwa Hotel Sari Pan Pasific disebut sebagai salah satu klaster penyebaran COVID-19. Sebab, berdasarkan data Satgas COVID-19 di DKI Jakarta per 18 September 2020 ada klaster hotel. Satgas mencatat ada 3 kasus positif di sebuah hotel Jakarta.

Dari temuan lapangan, para pegawai hotel berstatus negatif, Satgas COVID-19 tetap menemukan pasien positif.

Berdasarkan hasil penelusuran kontak dari para pegawai, Satgas menemukan ada keluarga dari 2 pegawai positif COVID-19.

Dari temuan tersebut, Dewi menyimpulkan bahwa ada kemungkinan penyebaran kasus COVID-19 bukan dari perkantoran, tetapi dari keluarga.

"Kenapa akhirnya ada yang bisa kena banyak, ada enggak kena banyak ketika protokol kesehatan diterapkan dengan benar ini pasti akan jauh mengurangi resiko penularan yang ada di sebuah tempat," kata Dewi.



Baca juga artikel terkait PANDEMI COVID-19 atau tulisan menarik lainnya Andrian Pratama Taher
(tirto.id - Kesehatan)

Reporter: Andrian Pratama Taher
Penulis: Andrian Pratama Taher
Editor: Maya Saputri
DarkLight