Pandemi COVID-19

Satgas COVID-19: Kasus Baru di Sumatera Naik, Jawa Semakin Turun

Oleh: Andrian Pratama Taher - 12 Mei 2021
Dibaca Normal 1 menit
Wiku sebut kontribusi kasus baru COVID-19 di Pulau Jawa mulai turun, sementara di Pulau Sumatera terus naik.
tirto.id - Juru Bicara Satgas COVID-19 Wiku Adisasmito memaparkan kasus baru COVID-19 kini tidak lagi sepenuhnya merebak di Pulau Jawa. Wiku mengatakan, kontribusi kasus COVID-19 di Pulau Sumatera mulai naik mencapai di atas 20 persen.

"Kita dapat memetik pelajaran bahwa COVID-19 bukanlah hanya soal permasalahan di Pulau Jawa saja, ternyata juga dapat terjadi kenaikan kasus di luar Pulau Jawa bahkan di wilayah yang minim hiruk-pikuknya," kata Wiku dalam konferensi pers daring, Rabu (12/5/2021).

Berdasarkan data Satgas, kasus di Pulau Jawa pada umumnya memberikan kontribusi kasus Covid-19 nasional sekitar 60 sampai dengan 70%. Akan tetapi, persentase kontribusi penambahan kasus mulai menurun sejak Mei 2021 yaitu sebanyak 11,06% dibandingkan Januari 2021.

Sementara itu, angka kontribusi kasus dari Pulau Sumatera yang umumnya memberikan kontribusi kurang dari 20%, mengalami peningkatan signifikan dalam satu setengah bulan terakhir dengan kenaikan 27,22 persen pada Mei 2021 dibandingkan Januari 2021.

Wiku pun meminta agar daerah melakukan antisipasi pencegahan penanganan COVID-19. Sebab, berdasarkan data Satgas COVID-19 masih ada 7 daerah berstatus zona merah dan sebagian besar berada di zona oranye dan daerah kabupaten kota mudah berhubungan satu sama lain meski beda zonasi.

"Pemerintah di tingkat provinsi maupun kabupaten kota sudah sepatutnya memberikan informasi ter-update terkait zonasi risiko kepada masyarakatnya, sehingga mereka dapat mengetahui kondisi di daerahnya, dengan demikian masyarakat diharapkan dapat mengambil keputusan yang bijak dengan berbasis informasi zona risiko ini, sehingga potensi penularan yang bersumber dari kegiatan masyarakat dapat ditekan," kata Wiku.

Wiku lantas menerangkan, informasi detail zonasi bisa dilihat di laman Covid19.go.id. Di saat yang sama, Satgas meminta kepala daerah dan Satgas Daerah melakukan penanganan demi menekan jumlah kasus serta segera merawat yang sembuh. Dengan metode tersebut, daerah bisa berpindah zonasi.

"Terkait penurunan jumlah kasus Covid-19 di Pulau Jawa saya meminta kepada pimpinan daerah untuk mempertahankan dan meningkatkan capaian ini jangan sedikit pun terlena," kata Wiku.

"Sedangkan untuk daerah di luar Pulau Jawa yang masih berkontribusi terhadap peningkatan kasus Covid-19, saya meminta agar tingkatkan kembali upaya pencegahan dan pengawasan terhadap protokol kesehatan di masyarakat, sehingga kasus dapat terus ditekan," tutur Wiku.


Baca juga artikel terkait VIRUS CORONA atau tulisan menarik lainnya Andrian Pratama Taher
(tirto.id - Kesehatan)

Reporter: Andrian Pratama Taher
Penulis: Andrian Pratama Taher
Editor: Abdul Aziz
DarkLight