Sarapan Bareng, Anies Puji Gibran Berhasil Bawa Solo Makin Maju

Reporter: Irfan Amin, tirto.id - 15 Nov 2022 11:55 WIB
Dibaca Normal 1 menit
Baik Anies Baswedan maupun Gibran saling memuji keberhasilan keduanya sebagai pemimpin daerah.
tirto.id - Mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menemui Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka, Selasa (15/11/2022). Anies memuji perkembangan Kota Solo di bawah kepemimpinan Gibran yang makin tertib dan rapi.

"Pagi ini senang bisa silaturahmi dengan pak wali kota. Alhamdulilah melihat Solo rapi, bersih, tertib," kata Anies usai sarapan bersama dengan Gibran di Hotel Novotel Solo, Selasa (15/11/2022) dilansir dari Antara.

Anies berharap Solo dapat terus maju dan berkembang. Pada pertemuan tersebut, keduanya juga membahas sejumlah hal, salah satunya berbagi pengalaman dalam memimpin sebuah daerah.


"Kami saling sharing pengalaman, sama-sama pernah bertugas mengelola sebuah kota. Di Jakarta walaupun namanya gubernur, sesungguhnya itu juga sebuah kota tapi besar. Sama dengan Solo juga begitu," katanya.

Mengenai politik, Anies dan Gibran sama-sama membantah adanya pembicaraan khusus, baik tentang Pemilu 2024 maupun Pemilihan Gubernur. Namun, saat disinggung tentang kemungkinan Gibran maju ke Pilgub DKI Jakarta maupun Pilgub Jawa Tengah, Anies menyerahkan kepada Gibran. Anies bahkan memuji Gibran yang dianggapnya berhasil membawa Kota Solo semakin maju.

"Beliau [Gibran] yang paling tahu, tapi pokoknya saya senang di bawah Mas Gibran Solo makin maju, berkembang," jelas Anies.

Tidak hanya menyebut potensi Gibran untuk maju sebagai calon gubernur, Anies juga memuji perilaku Gibran saat bertemu dengannya di Solo. Anies menyebut Gibran sebagai sosok yang rendah hati.

"Dan beliaunya sendiri saya suka karena Mas Gibran menjangkau semua. Semua disapa, silaturahmi pada semuanya. Kalau saya bilang andap asor [rendah hati dan sopan santun] beliau ini. Itu salah satu sifat baik yang jadi contoh," katanya.

Pada kesempatan yang sama, Gibran mengatakan pertemuan tersebut banyak membahas soal transportasi umum dan permasalahan kota.

"Ngobrolin apa aja sambil sarapan. Kalau masalah transportasi yang bisa kami jadikan percontohan kan Jakarta ya. Kalau di Solo banyak warga commute ke Solo, banyak dari Jogja ke Solo naik KRL. Ke depan harus kami perbanyak, masifkan transportasi umum," katanya.


Senada dengan Anies, Gibran mengatakan pertemuan tersebut tidak membahas soal politik termasuk Pilgub DKI Jakarta.

"Enggak bicara masalah itu," katanya.

Sebelumnya, aktivis politik Rocky Gerung mengusulkan agar Anies Baswedan memilih Gibran menjadi calon wakil presidennya pada Pemilu 2024. Gibran, kata Rocky dianggap memiliki pengalaman dan mampu menambah perolehan suara untuk Anies, khususnya dari wilayah basis pemilih PDIP.

Namun, Gibran menanggapinya dengan santai. Ia memilih menjadikan usulan Rocky Gerung sebagai motivasi menjalankan tugasnya sebagai Wali Kota Surakarta hingga selesai.

"Kalau saya mencalonkan [jadi cawapres] pasti sudah muter ke mana-mana, ini masih di sini saja. Di media sosial aku juga nggak pernah aktif, yang aktif admin nya," ujar Gibran, Kamis (10/11/2022) dilansir dari Antara.


Baca juga artikel terkait ANIES BASWEDAN CAPRES 2024 atau tulisan menarik lainnya
(tirto.id - Politik)

Reporter: Irfan Amin
Editor: Bayu Septianto

DarkLight