Ramadhan 2022

Saran Dokter soal Menu Sahur dan Buka Puasa Selama Ramadhan 2022

Penulis: Alexander Haryanto, tirto.id - 21 Apr 2022 17:01 WIB
Dibaca Normal 1 menit
Berikut adalah ide praktis untuk menu sahur dan buka puasa selama Ramadhan 2022.
tirto.id - Bagi Anda yang tidak memiliki banyak waktu untuk memasak selam Ramadhan, maka bisa mencoba ide praktis dari Dokter Spesialis Gizi Klinik Diana Felicia Suganda untuk menyiapkan sahur dan buka puasa.

"Kalau mau praktis, kita sebenarnya sudah mempersiapkan sebelumnya, jadi tidak sahur atau berbuka baru masak," ujar dia seperti dikutip Antara News.

Akan tetapi, kata Diana, yang paling penting adalah tetap memenuhi kebutuhan gizi seimbang dan lengkap dalam makanan untuk sahur dan buka puasa.

Ide menu yang praktis

Diana memberikan rekomendasi menu praktis yang bisa dipakai selama beberapa hari. Misalnya, kata dia, ayam yang diungkep atau diberi bumbu kuning. Disajikan bersama ayam, bahan makanan lain semisal tahu, tempe atau telur juga bisa dijadikan alternatif sebagai sumber protein.

"Misalnya kita siapkan dalam seminggu mau bikin praktis menu ayam, ayam sudah diungkep bumbu kuning jadi nanti saat sahur pun tinggal kita panggang, masukkan oven atau fryer. Atau misalnya tahu dan tempenya sudah dibacem, jadi sudah disiapkan untuk 3-4 hari sekalian," saran Diana.

Menurut Diana, ide itu cukup praktis karena ketika menjelang sahur atau buka puasa, Anda tinggal mengeluarkan ungkepan ayam itu dari lemari es dan menghangatkannya sebentar.

Sedangkan untuk sayuran, saran Diana, Anda bisa memotong-motong semisal tomat dan timun untuk dikonsumsi mentah, atau selada. "Itu gampang, mentah saja atau selada juga praktis," kata Diana.

Kata Diana, tambahkan juga sumber gizi lain dan karbohidrat seperti nasi, kentang atau sumber makanan lainnya. Apabila Anda termasuk vegetarian, maka perlu memperbanyak sumber protein nabati.

"Jangan lupa tambahkan sayur-sayuran, kita bisa kombinasikan berbagai jenis sayuran dan lemak. Lemak ini bisa dipakai untuk menumis sayurnya boleh atau menumis tahu dan tempe untuk memenuhi kebutuhan lemak kita," kata Diana.


Baca juga artikel terkait MENU SAHUR RAMADHAN 2022 atau tulisan menarik lainnya Alexander Haryanto
(tirto.id - Kesehatan)

Sumber: Antara
Penulis: Alexander Haryanto
Editor: Iswara N Raditya

DarkLight