Liga Spanyol

Santiago Solari Lebih Baik daripada Zinedine Zidane di Real Madrid

Oleh: Beni Jo - 20 Mei 2019
Dibaca Normal 1 menit
Santiago Solari merupakan pelatih ketika menangani Los Blancos pada musim kompetisi 2018/2019 ini. Bahkan catatannya lebih baik daripada yang sudah dilakukan oleh Zinedine Zidane sejak kembali ke Valdebebas.
tirto.id - Di antara tiga pelatih yang telah menangani Real Madrid selama musim kompetisi 2018/2019 ini, raihan yang dihasilkan oleh Santiago Solari adalah yang terbaik. Ketika menangani Los Blancos, catatannya lebih baik daripada juru taktik lainnya, bahkan jika dibandingkan dengan pencapaian Zinedine Zidane sejak kembali menangani Madrid.

Melansir Marca, Solari menghasilkan 12 kali kemenangan, empat kali kalah, dan sekali imbang saat menjadi pelatih di Santiago Bernabeu sebelum dirinya dilepas oleh pihak klub.

Dalam 17 kali pertandingan yang dijalani saat berkuasa di Valdebebas, pelatih berpaspor Argentina itu mampu memberikan prosentase kemenangan sebesar 72,54 persen untuk Madrid.

Catatan ini sebenarnya cukup mengesankan sebelum dirinya dipecat oleh para petinggi klub akibat kekalahan atas Ajax Amsterdam di leg kedua babak 16 besar Liga Champions 2018/2019 silam hingga gagal lolos perempatfinal.

Selain itu, hasil yang dicapai oleh Solari juga lebih baik daripada yang dilakukan oleh Zidane sejak dirinya kembali menangani Madrid setelah prestasi buruk yang dihasilkan oleh raksasa asal ibukota Spanyol itu tatkala di bawah kendalinya.

Zizou hanya mampu meraup 17 poin dari 33 angka maksimal yang mampu dihasilkan. Arsitek asal Perancis itu mencatatkan persentase kemenangan sebesar 51,51 persen untuk Los Merengues. Angka ini memang cukup jauh jika dibandingkan dengan yang diraih oleh Solari.

Sementara itu Julen Lopetegui yang juga sempat menangani Madrid di awal musim ini, mencatatkan hasil terburuk diantara tiga pelatih lainnya.

Eks pelatih timnas Spanyol itu hanya meraup 14 poin dari 10 pertandingan yang dijalani oleh Karim Benzema. Selain itu, angka persentase kemenangannya pun hanya mencapai 46,66 persen.

Real Madrid sendiri musim ini menempati posisi ketiga di klasemen akhir dengan mengumpulkan total 68 poin, hasil 21 kali menang, 5 kali imbang, dan 12 kali kalah.

Kekalahan 0-2 atas Real Betis di Santiago Bernabeu pada jornada 38 menjadi catatan buruk terakhir yang diukir oleh Los Blancos dalam menjalani roda kompetisi musim ini. Dengan Barcelona yang menguasai puncak klasemen pun, mereka terpaut cukup jauh, yaitu 19 angka.



Baca juga artikel terkait LIGA SPANYOL atau tulisan menarik lainnya Beni Jo
(tirto.id - Olahraga)


Penulis: Beni Jo
Editor: Fitra Firdaus