Sandra Oh Jadi Aktris Asia Pertama yang Raih 2 Golden Globes Awards

Oleh: Maria Ulfa - 7 Januari 2019
Dibaca Normal 1 menit
Sandra Oh jadi aktris Asia pertama yang raih dua kemenangan di Golden Globe Awards.
tirto.id - Aktris Sandra Oh memenangkan Best Actress in Television Series-drama pada ajang penghargaan Golden Globes Awards 2019 yang digelar Minggu (6/1/2019) malam waktu setempat, di Beverly Hills, California. Aktris berdarah Korea-Kanada ini menjadi aktris Asia pertama yang memenangkan dua penghargaan di ajang Golden Globes Awards selama ini.

Ia mendapatakn trofi kemenangan atas penampilannya sebagai Eve Polastri, agen intelijen Inggris di serial “Killing Eve” yang disiarkan di channel BBC.

"Ada dua orang di sini malam ini, yang membuat saya sangat bersyukur ada di sini bersama saya," ujar Sandra Oh sambil menahan air mata, ketika ia naik ke atas panggung untuk menerima penghargaan, seperti dilansir NBC News.

Trofi tersebut merupakan penghargaan kedua Sandra Oh dalam ajang Golden Globes Awards. Sebelumnya ia pernah membawa pulang penghargaan sebagai Supporting Actress in Television Series di tahun 2005 melalui perannya sebagai Cristina Yang dalam serial “Grey’s Anatomy”.


Kemenangan Sandra juga menjadikan dia sebagai perempuan Asia kedua yang pernah menang sebagai pemeran utama dalam serial TV terkenal setelah Yoko Shimada yang pernah memenangkan kategori yang sama pada tahun 1981 untuk perannya di serial “Shogun” yang disiarkan di NBC.

Selain itu, Sandra Oh menjadi pembawa acara Golden Globes Awards kedua yang memenangkan penghargaan, bergabung dengan Amy Poehler yang juga pernah menjadi pembawa acara dan memenangkan penghargaan untuk perannya dalam “serial Parks and Recreation” tahun 2014.

Ia juga menjadi orang Asia pertama yang ditunjuk sebagai pembawa acara di ajang penghargaan Golden Globes Awards tersebut. Hal ini dianggap luar biasa mengingat selama 76 tahun, Golden Globes Awards hanya memiliki 11 seremonial yang dipandu dengan pembawa acara, tulis South China Morning Post.

“Saya ingin berada di sini untuk melihat ke penonton dan menyaksikan momen perubahan ini,” ujar Sandra saat pembukaan acara Golden Globes Awards.

“Saat ini, momen ini nyata. Percayalah, ini nyata. Karena saya melihat Anda, dan saya melihat Anda beserta semua wajah perubahan ini, dan sekarang orang lain juga akan melihatnya.” Sambungnya.


Baca juga artikel terkait GOLDEN GLOBE 2019 atau tulisan menarik lainnya Maria Ulfa
(tirto.id - Film)


Penulis: Maria Ulfa
Editor: Yantina Debora
Kontributor: Maria Ulfa