Sandiaga Uno Sebut Pemerintah akan Bentuk Tim untuk Kelola TMII

Oleh: Vincent Fabian Thomas - 12 April 2021
Sandiaga Uno menyatakan pemerintah bakal membentuk tim pengelola Taman Mini Indonesia Indah (TMII).
tirto.id - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno menyatakan pemerintah bakal membentuk tim pengelola Taman Mini Indonesia Indah (TMII). Pembentukan tim ini dilakukan usai pengelolaan TMII diambil alih oleh Kementerian Sekretariat Negara dan tengah dibahas dalam internal pemerintah.

“Tentunya saya yakin langkah ke depan pembentukan tim untuk pengelolaan dan seandainya oleh pihak Setneg diperlukan berpartisipasi aktif, tentu kami siap,” ucap Sandiaga dalam 'Weekly Press Briefing Menparekraf' secara virtual, Senin (12/4/2021).

Sandiaga mengatakan pengelolaan TMII dapat dilakukan dengan berbagai bentuk. Selain memungkinkan keterlibatan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, BUMN pariwisata juga dapat terlibat.

“Koordinasi melalui BUMN pariwisata seperti ITDC maupun BUMN lain yang seandainya dianggap cocok pas, kami sangat siap berkoordinasi,” ucap Sandiaga.

TMII awalnya dikelola oleh Yayasan Harapan Kita yang memiliki kaitan erat dengan keluarga Presiden ke-2 RI Soeharto. Pada Rabu (7/4/2021), pemerintah mengumumkan telah menerbitkan Perpres 19 tahun 2021 tentang Taman Mini Indonesia Indah yang intinya memindahkan pengelolaan dari Yayasan Harapan Kita ke Kemensetneg.

Ke depan, Sandiaga bilang dirinya punya rencana untuk meningkatkan daya tarik TMII. Salah satunya memungkinkan TMII menjadi lokasi pergelaran acara-acara MICE (Meetings, incentives, conferencing, exhibitions), perkawinan sampai lokasi wirausaha.

“Sedang dilakukan oleh Setneg. Kami akan memantau terus proses dan menawarkan masukan kolaboratif. Kami akan berkolaborasi. Jika diarahkan kami siap menggelar event berskala nasional internasional di TMII,” ucap Sandiaga.



Baca juga artikel terkait TMII atau tulisan menarik lainnya Vincent Fabian Thomas
(tirto.id - Ekonomi)

Reporter: Vincent Fabian Thomas
Penulis: Vincent Fabian Thomas
Editor: Abdul Aziz
DarkLight