Sandiaga Pindahkan Markas ke Jateng, TKD: Enggak Berpengaruh

Oleh: Haris Prabowo - 10 Desember 2018
"Apa urgensinya? Kalau yang dinyatakan jika mereka ingin menggerus suara Jawa Tengah. Menggerus Jawa Tengah kan enggak harus memindah markas."
tirto.id - Ketua Tim Kemenangan Daerah (TKD) Jawa Tengah Bambang Wuryanto mempertanyakan urgensi wacana pemindahan markas Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandiaga ke Jawa Tengah. Ia menilai kepindahan dengan alasan merebut dan memecah suara kubu Jokowi-Maruf tak akan berpengaruh.

"Apa urgensinya? Kalau yang dinyatakan jika mereka ingin menggerus suara Jawa Tengah. Menggerus Jawa Tengah kan enggak harus memindah markas. Hari ini yang namanya teknologi, informasi, dan transportasi sudah sangat pendek tanpa markas pun kita bisa memenangkan pertempuran," kata Bambang di kompleks DPR RI, Senin (10/12/2018) pagi.

Ia menilai wacana pemindahan markas tersebut hanya menjadi 'bahan berita' saja oleh tim BPN. Itu juga, kata Bambang, menunjukkan bahwa Jawa Tengah menjadi daerah krusial bagi Sandiaga dan Jokowi.

"Karena Pak Jokowi menginginkan Jawa Tengah menang 80 persen. Kemudian Pak Sandiaga dan Sudirman Said menganggap itu penting," kata Bambang.

Bambang menilai tak penting dan tak memerlukan markas jika bertarung dalam ranah elektoral. Hal tersebut dinilai tak akan berpengaruh apa-apa.

"Kalau pertempuran riil enggak perlu pakai markas bagi saya itu enggak perlu. Apa pengaruhnya. Ajari saya pentingnya sebuah markas. Bagi PDIP dan bagi saya sebagai Ketua TKD Jawa Tengah, bagi seluruh partai koalisi lainnya sudah siapkan pertempuran penuh," kata Bambang.

"Apa Pak Jokowi bisa capai 80 persen di Jawa Tengah? Kalau Bambang belum ada ilmunya. Kalau Presiden ada ilmunya. Saya ilmunya bisa sampai 70 persen bersama kawan-kawan TKD Jawa Tengah," lanjutnya.

Cawapres nomor urut 02 Sandiaga Uno disebut berencana memindah markas pemenangannya dari Jakarta ke Jawa Tengah, mulai Januari 2019. Informasi itu disampaikan oleh Direktur Materi Debat Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandiaga, Sudirman Said pada Sabtu lalu.

"Kemenangan di Jawa Tengah besar pengaruhnya secara nasional," kata Sudirman saat meresmikan Posko Sukarelawan Prabowo-Sandi di Lebaksiu, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah.


Baca juga artikel terkait PILPRES 2019 atau tulisan menarik lainnya Haris Prabowo
(tirto.id - Politik)

Reporter: Haris Prabowo
Penulis: Haris Prabowo
Editor: Maya Saputri