Sandiaga: Ormas Dikerahkan untuk Ikut Amankan Asian Games 2018

Oleh: Haris Prabowo - 7 Agustus 2018
Sandiaga akan melibatkan ormas dalam pengamanan perhelatan Asian Games 2018.
tirto.id - Wakil Gubernur Sandiaga Uno mengatakan organisasi masyarakat (ormas) dapat berperan untuk menjaga dan mengantisipasi segala gangguan selama Asian Games 2018 berlangsung.

Hal tersebut ia katakan usai memimpin upacara pelepasan pelatihan dan rapat kerja Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM) ke Cisarua, Bogor. Upacara tersebut dilaksanakan di depan Balai Kota, Selasa (7/8/2018) pagi.


"Kita akan pastikan FKDM bisa mendeteksi potensi segala gangguan terhadap keamanan dan ketertiban yang terjadi di masyarakat melalui informasi-informasi dengan kualitas A1," katanya kepada awak pers.


Sandiaga mengatakan FKDM akan melakukan pelatihan dan rapat kerja untuk persiapan Asian Games 2018. Alasannya, menurut Sandiaga, FKDM merupakan bagian dan mitra Pemprov DKI Jakarta yang berguna memberikan informasi-informasi dari level masyarakat.


"Ya, intinya FKDM berfungsi meningkatkan kewaspadaan dini kepada masyarakat, agar Asian Games sukses dilaksanakan," katanya.


FKDM merupakan salah satu ormas yang bekerja sama dengan Pemprov DKI Jakarta. Ormas ini rencananya mendapat kucuran dana sebesar Rp2,2 miliar dalam RAPBD DKI Jakarta tahun 2018, meski Anies mengevaluasi hal tersebut.


Data dari Ketua FKDM Rico Sinaga, hingga saat ini organisasinya memiliki jumlah anggota mencapai 3.257 orang.

Selasa (31/7/2018) lalu Gubernur DKI Jakarta memang sudah mengingatkan kepada FKDM agar dapat membantu TNI dan Polri untuk menjaga perhelatan Asian Games 2018.

"Keberadaan FKDM merupakan salah satu mitra bagi pemerintah untuk memastikan Jakarta kondisinya aman dan terbebas dari segala macam potensi gangguan," tutur Anies.




Baca juga artikel terkait ASIAN GAMES 2018 atau tulisan menarik lainnya Haris Prabowo
(tirto.id - Sosial Budaya)

Reporter: Haris Prabowo
Penulis: Haris Prabowo
Editor: Maya Saputri
DarkLight