Sandiaga Klaim Dapat Lampu Hijau Izin Keramaian, Polri: Belum Ada

Reporter: Antara - 12 Maret 2021
Belum ada kebijakan Kapolri terkait izin keramaian untuk acara musik, seni dan olahraga.
tirto.id - Kepala Divisi Humas Polri Irjen Argo Yuwono menyebut, belum ada arahan dari Kapolri untuk mengeluarkan izin bagi konser musik dan acara budaya hingga setahun setelah pandemi.

"Belum ada info," kata Argo, Jumat (12/3/2021)

Argo menyebut akan menyampaikan setelah ada perkembangan terkait perizinan. Sejauh ini Polri baru mengeluarkan izin keramaian terkait dua pertandingan sepak bola di GBK Jakarta, itu pun tanpa dihadiri oleh penonton. Hanya ada pemain.

"Belum ada (aturannya) kalau ada kebijakan nanti disampaikan," ujar Argo.

Sebelumnya, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Krearif Sandiaga Uno mengklaim dapat dukungan dari Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo untuk acara musik, MICE (meeting, incentive, conferenting, exhibitions), pekan olahraga hingga acara budaya dengan protokol kesehatan yang ketat.

Keinginan untuk menggelar acara musik juga disampaikan oleh para pekerja seni. Mereka meminta agar setelah setahun pandemi dan vaksinasi berjalan, acara musik diperbolehkan, tentu dengan penetapan protokol ketat.

Ketua Bidang Komunikasi, Promosi dan Humas Asosiasi Promotor Musik Indonesia (APMI) David Karto mengatakan surat terbuka tersebut ibarat ‘lampu strobo’ kepada Presiden Jokowi. Sebab sudah setahun para pelaku di industri musik tanah air redam padam oleh pagebluk.

“Rata-rata hampir 90 persen down. Sudah kami pastikan secara bisnis mati semua, kalau 2021 sama seperti 2020, kami diam dan tidak bergerak, kami minus 180 persen,” ujar David kepada Tirto, Sabtu (6/3/2021).



Baca juga artikel terkait KONSER atau tulisan menarik lainnya
(tirto.id - Sosial Budaya)

Reporter: Antara
Editor: Zakki Amali
DarkLight