Sandiaga Ingin Pastikan Rekapitulasi di Surabaya Berlangsung Jurdil

Oleh: Alexander Haryanto - 27 April 2019
Sandiaga meminta relawannya yang menjadi saksi di PPK Wonokromo agar cermat memantau rekapitulasi suara.
tirto.id - Cawapres nomor urut 02 Sandiaga Uno ikut memantau proses rekapitulasi suara pemilihan umum di Surabaya, Jawa Timur. Ia pun ingin memastikan bahwa proses ini berlangsung jujur dan adil, khususnya rekapitulasi Pilpres 2019.

"Kami hanya ingin pastikan jika proses rekapitulasi suara berlangsung jujur, adil dan bermartabat," ujarnya usai memantau proses rekapitulasi suara di tingkat Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Wonokromo, di GOR Pancasila Surabaya, Jawa Timur, Sabtu (27/4/2019), seperti dikutip Antara.

Dalam kesempatan itu, Sandiaga ditemani oleh Ketua PPK Wonokromo Syamsul Arifin dan ia hanya memantau hasil rekapitulasi dari luar area yang sudah diberi tanda khusus oleh petugas.

Selain itu, Sandiaga juga meminta relawannya yang menjadi saksi di PPK Wonokromo agar cermat memantau rekapitulasi suara.

"Semua relawan harus mengamankan suara 02, lalu pelototi dan pastikan setiap prosesnya jujur. Intinya, semua berkepentingan proses demokrasi berlangsung adil," ujarnya pula.

Menurut Sandi, kedatangannya ke Surabaya ini karena sempat muncul rekomendasi Bawaslu yang meminta penghitungan suara ulang di 8.000 lebih tempat pemungutan suara (TPS), namun tidak terjadi semuanya.

Pasalnya, kata Sandi, Surabaya adalah barometer nasional yang harus menjadi contoh demokrasi secara jujur dan adil yang tinggi.


Baca juga artikel terkait PILPRES 2019 atau tulisan menarik lainnya Alexander Haryanto
(tirto.id - Politik)

Sumber: Antara
Penulis: Alexander Haryanto
Editor: Agung DH
DarkLight