Sandi Uno: Aplikasi PeduliLindungi akan Jadi Standar Bermobilitas

Oleh: Selfie Miftahul Jannah - 23 Agustus 2021
Dibaca Normal 1 menit
Aplikasi tersebut nantinya akan digunakan untuk tracking, tracing dan testing dalam berdampingan hidup dengan COVID-19.
tirto.id - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno menyebut aplikasi PeduliLindungi akan menjadi standar operasional orang untuk bermobilitas. Aplikasi disebut akan dirancang untuk mempermudah sistem tracking, tracing dan testing, maka dari itu Sandiaga meminta pemerintah daerah bersiap agar masyarakat bisa dipantau melalui aplikasi PeduliLindungi.

"Target kita [yaitu] hidup berdampingan [dengan corona], sehingga perlu aplikasi teknologi Peduli Lindungi. Aplikasi ini kita masifkan hingga nanti di setiap kegiatan aplikasi ini menjadi gold standard dalam berkegiatan," kata dia dalam keterangan resmi yang diterima Tirto, Senin (23/8/2021).

Persiapan yang perlu dilakukan pemerintah daerah yaitu segera merealisasikan vaksinasi massal pada 70-75 persen masyarakat di setiap wilayah, sehingga tercipta herd immunity. Persiapan yang selanjutnya harus dilakukan adalah menerapkan berbagai fasilitas standar protokol kesehataan yang ketat agar aplikasi PeduliLindungi bisa digunakan secara optimal untuk melakukan tracking, tracing dan testing demi menekan angka penularan COVID-19 di Indonesia.

"Pesan saya, terbukti vaksinasi ini menjadi benteng kita melawan pandemi. Kolaborasi menjadi kunci, tidak bisa jalan sendiri-sendiri. Makanya ada Gerak Cepat (Gercep), Gerak Bersama (Geber), Garap Semua Potensi (Gas Pol)," kata dia.

Lebih lanjut dia menyampaikan apresiasi terhadap kegiatan vaksinasi yang dilaksanakan terus menerus demi mendukung percepatan yang ditetapkan pemerintah. Baginya, Jawa Barat adalah salah satu label keberhasilan penanganan pandemi.

"Jawa Barat ini salah satu label keberhasilan dari penanganan Covid-19. Karena BOR nya di bawah 25 persen. Terima kasih untuk Gubernur dan jajarannya,” tandas dia.




Baca juga artikel terkait APLIKASI PEDULILINDUNGI atau tulisan menarik lainnya Selfie Miftahul Jannah
(tirto.id - Sosial Budaya)

Reporter: Selfie Miftahul Jannah
Penulis: Selfie Miftahul Jannah
Editor: Restu Diantina Putri
DarkLight