Samsung S20 FE, Ponsel Galaxy Premium Rasa Flagship

Oleh: Ibnu Azis - 24 September 2020
Dibaca Normal 1 menit
Harga Samsung S20 FE "cuma" Rp10 juta. Meski dikemas premium, ponsel ini usung spesifikasi dan fitur flagship khas seri Galaxy S20.
tirto.id - Samsung resmi mengumumkan smartphone berbasis feedback konsumen, Galaxy S20 Fan Edition (FE), yang masih punya "rasa" flagship meski dikemas premium.

Dirilis dalam acara peluncuran virtual pada Rabu (23/9/2020) malam WIB, Samsung S20 FE jadi keluarga baru Galaxy S20 selain seri S20 reguler, S20+, S20 Ultra, dan S20+ BTS Edition.

Samsung S20 FE adalah smartphone yang dihadirkan khusus untuk fans Samsung. Perusahaan mendengar keinginan mereka dan mewujudkannya.

"Kami terus berbicara kepada penggemar kami dan menerima umpan balik, dan kami mendengar apa yang paling mereka sukai dari seri Galaxy S20 kami," kata Dr. TM Roh, Presiden dan Kepala Bisnis Komunikasi Seluler untuk Samsung Electronics dalam siaran pers perusahaan.

Disebut masih ada "rasa" flagship lantaran Samsung S20 FE tersemat fitur-fitur tertentu yang jadi andalan Galaxy S20, macam kamera single shot, wireless charging, reverse wireless charging, refresh rate layar 120Hz, sound AKG, dan ketahanan akan air serta debu (IP68).

Simak kecanggihan Samsung S20 FE dalam video singkat berikut:


Samsung S20 FE bisa dikatakan sebagai strategi Samsung untuk bikin flagship mereka menjangkau lebih banyak konsumen. Oleh karenanya, harga Samsung S20 FE pun lebih terjangkau.

Sebagai perbandingan, harga Galaxy S20 Ultra sebesar Rp20 juta, Galaxy S20+ dibanderol Rp16 juta, Galaxy S20+ BTS Edition seharga Rp17 juta, dan Galaxy S20 sebesar Rp14 juta. Samsung S20 FE sendiri dibanderol seharga Rp9,9 juta. Lantas, bagaimana spesifikasinya?

Berbeda dengan seri Lite dari Galaxy S10 atau Galaxy Note 10, Samsung S20 FE masih mumpuni soal spesifikasi. Samsung tidak begitu memangkas spesifikasi ponsel ini dari para saudaranya seri S20.

Hal itu bisa ditengok dari chipset yang diusung yaitu masih Exynos 990 atau setara dengan Galaxy S20 reguler. Peyimpanan internalnya juga super lega yaitu 128GB yang bisa diekspansi hingga 1TB via microSD.

Pada kamera, setelan triple camera masih dipertahankan tapi dengan lensa utama 12MP. Ponsel ini juga punya OIS dan bisa rekam video hingga resolusi 4K.

Untuk kamera selfie, Samsung S20 FE justru lebih unggul dari saudaranya lantaran dibekali resolusi lebih besar yaitu 32MP. Perangkat ini juga usung NFC dan sensor sidik jari di dalam layar.

Ponsel dengan layar berdiagonal 6,5 inci tipe Super AMOLED ini juga dibekali kapasitas baterai besar yaitu 4.500mAh didukung fitur pengisian cepat berdaya 15W.

Samsung S20 FE tersedia dalam pilihan warna Cloud Navy, Cloud Lavender, Cloud Mint, Cloud Red, Cloud White, dan Cloud Orange yang bisa dipesan mulai 24 September hingga 8 Oktober di situs web Samsung Indonesia.


Baca juga artikel terkait SMARTPHONE atau tulisan menarik lainnya Ibnu Azis
(tirto.id - Teknologi)

Penulis: Ibnu Azis
Editor: Agung DH
DarkLight