Samsung M02: Harga dan Spesifikasi, Bedanya dengan Galaxy A02

Oleh: Ibnu Azis - 19 Februari 2021
Dibaca Normal 1 menit
Harga dan spesifikasi Samsung M02 tidak jauh berbeda dengan Galaxy A02 yang meluncur pekan lalu.
tirto.id - Samsung baru saja merilis Galaxy M02 sepekan setelah Galaxy A02 diumumkan yang keduanya mengusung harga dan spesifikasi beda-beda tipis.

Dilansir GSMArena, dua hp Android entry-level Samsung itu juga membawa desain tak jauh berbeda. Bodi dan bingkainya pakai material plastik, pun juga dengan desain notch-nya, Infinity-V, untuk menampung kamera selfie.

Dirilis pada 12 Februari lalu, Samsung A02 unggulkan spesifikasi layar, memori, dan baterai. Tiga hal ini juga jadi unggulan di Samsung M02, yang diumumkan pada Kamis (18/2/2021). Lain itu, keduanya juga dibanderol seharga Rp1 jutaan.

"Samsung Galaxy M02 hadir di Indonesia dengan baterai berkapasitas besar, memori yang fleksibel untuk ditingkatkan kapasitasnya," kata Manajer Pemasaran Produk, Samsung Electronics Indonesia, Irfan Rinaldi, dalam siaran pers, dikutip Antaranews.

Yang menarik, kapasitas baterai besar biasanya hanya hadir di seri Galaxy M, tapi Samsung A02 tertanam pula baterai 5.000mAh, sama dengan Samsung M02. Lalu, baik Samsung A02 maupun Galaxy M02 mendukung penyimpanan eksternal hingga 1TB atau 1.000GB, meski dua ponsel ini diperuntukkan untuk pengguna pemula.


Harga dan Spesifikasi Samsung M02

Samsung M02 menyasar pelajar atau generasi muda yang gemar mengakses media sosial di ponsel. Perangkat ini juga andal untuk daya tahan baterai lantaran dibekali kapasitas 5.000mAh.

Untuk performa, Samsung M02 menggunakan tipe CPU quad-core yang disandingkan bersama RAM 2GB untuk mendongkrak kinerjanya. Adapun jenis chipset yang digunakan adalah MediaTek MT6739W dengan kartu grafis GPU PowerVR GE8100 seperti ditulis GSMArena.

Samsung M02 bisa diandalkan untuk menampung banyak file berkat opsi memori eksternal hingga 1TB sementara penyimpanan internalnya sebesar 32GB. Proses pemindahan data dari komputer ke ponsel bisa melalui port micro-USB.

Beralih ke kamera, Samsung M02 memakai setelan dual-camera standar ponsel entry-level, dengan kamera utama sebesar 13MP wide yang didampingi kamera sekunder 2MP macro untuk membidik objek jarak dekat. Sementara kamera depan perangkat ini berkekuatan 5MP.

Untuk kebutuhan perekaman video, Samsung M02 menawarkan resolusi FHD atau 1.920 x 1.080 piksel dengan frame per second sebesar 30fps.

Soal layar, Samsung M02 menggunakan tipe panel PLS yang memiliki diagonal 6,5 inci resolusi HD+. Untuk bezel pada jidat dan dagunya tampak cukup tebal, tapi untuk sisi samping kanan dan kiri cukup tipis.

Samsung Galaxy M02 mulai dijual bulan Februari ini dengan harga sebesar Rp1.349.000.


Perbedaan Samsung M02 dan Galaxy A02

Seperti telah disebutkan di awal, Samsung M02 dan Galaxy A02 menawarkan spesifikasi dan harga nyaris identik. Dikutip dari laman resmi Samsung Indonesia, yang berbeda di antara keduanya selain harga adalah kapasitas RAM.

Galaxy A02 unggul soal ini lantaran dibekali dengan kapasitas RAM lebih lega dari Samsung M02 yakni sebesar 3GB atau terpaut 1GB. Secara teori, ponsel dengan kapasitas RAM besar akan mendongkrak kinerja perangkat.

Lain itu, Galaxy A02 juga dibekali dengan pengeras suara yang didukung teknologi Dolby Atmos Audio. Samsung mengatakan, Galaxy A02 ditargetkan untuk pengguna yang gemar menonton video streaming sehingga perangkat ini perlu ditunjang dengan fitur audio andal.

Samsung Galaxy A02 telah dipasarkan sejak pekan lalu dengan harga sebesar Rp1.499.000.


Baca juga artikel terkait SAMSUNG M02 atau tulisan menarik lainnya Ibnu Azis
(tirto.id - Teknologi)

Penulis: Ibnu Azis
Editor: Agung DH
DarkLight