Sameer Sharma & Rekam Jejak Kariernya di Perfilman Bollywood

Oleh: Sirojul Khafid - 7 Agustus 2020
Dibaca Normal 1 menit
Rekam jejak karier Sameer Sharma yang meninggal pada Rabu (6/8/2020) di Malad, Mumbai.
tirto.id - Aktor India Sameer Sharma ditemukan meninggal pada Rabu (6/8/2020) di Malad, Mumbai, India. Dilansir dari Hindustan Times, polisi setempat menduga bahwa Sameer Sharma melakukan bunuh diri di apartemen pribadinya.

Aktor berusia 44 tahun ini telah menempati apartemen tersebut sejak Februari tahun ini. Belum ada informasi tentang penyebab Sameer Sharma bunuh diri. Sebelumnya, Sameer Sharma dikenal oleh masyarakat sebagai pemain film dan acara televisi, penulis naskah, sampai sutradara.

Rekam Jejak Karier Sameer Sharma

Sameer Sharma lahir di keluarga besar yang berkegiatan di dunia seni. Dilansir dari Bollywood IMDb, dia berasal dari keluarga Punjabi, distributor film B.M. Sharma. Punjabi merupakan kakek dari pihak ayah. Sementara penyanyi Mukesh merupakan Kakek dari pihak ibu. Aktor Neil Nitin Mukesh adalah sepupunya.

Sharma memulai karier di dunia perfilman dengan menjadi asisten sutradara pada tahun 1995. Kala itu dia menjadi asisten sutradara dalam film Dilwale Dulhaniya Le Jayenge.

Perjalanannya sebagai asisten sutradara berlanjut dalam film Dil To Pagal Hai (1997), Raincoat (2004), dan Khoya Khoya Chand (2007).

Selain menjadi asisten sutradara, Sharma juga merupakan penulis naskah. Beberapa naskah film yang dia tulis di antaranya Swades (2004), Bhoot (2003), Khoya Khoya Chand (2007), dan Mahayoddha Rama (2016). Sharma juga menulis menulis dialog untuk film Raincoat (2004).


Debut Sharma sebagai sutradara dan penulis naskah berada pada film Luv Shuv Tey Chicken Khurana tahun 2012. Film yang mendapat skor 60 persen dari Rotten Tomatoes versi penonton ini dibintangi oleh Kunal Kapoor, Huma Qureshi, dan Rajesh Sharma.

Luv Shuv Tey Chicken Khurana bercerita tentang seorang pria yang putus asa. Dia mencoba mencari resep Chicken Khurana yang sempat terlupakan. Sharma mengakui bahwa dia mendapatkan inspirasi dari film seperti Anand dan Bawarchi.

Selain dunia perfilman, Sharma juga terlibat dalam acara televisi. Beberapa di antaranya yaitu Kahaani Ghar Ghar Ki and Kyunki Saas Bhi Kabhi Bahu Thi, Jyoti, Iss Pyaar Ko Kya Naam Du, dan Left Right Left. Dia terkenal karena perannya sebagai Shaurya Maheshwari di Yeh Rishtey Hain.

Saat ini, Sharma telah masuk daftar aktor yang akan bermain dalam film Hasee Toh Phasee dan Ittefaq. Selain itu, dia juga sedang dalam masa penggarapan film berjudul Jugalbandi. Film tersebut menceritakan tentang musik yang dia dedikasikan untuk kakeknya, Mukesh.


Baca juga artikel terkait FILM BOLLYWOOD atau tulisan menarik lainnya Sirojul Khafid
(tirto.id - Film)

Kontributor: Sirojul Khafid
Penulis: Sirojul Khafid
Editor: Yulaika Ramadhani
DarkLight