Salurkan Kredit Rp90 Triliun, Himbara Cari Dana Nasabah Rp60 T

Oleh: Vincent Fabian Thomas - 1 Juli 2020
Himpunan bank negara akan tetap menjaga likuiditas di tengah penugasan pemerintah untuk salurkan kredit Rp90 triliun.
tirto.id - Ketua Himpunan Bank Milik Negara (Himbara) Sunarso optimistis target penyaluran kredit 3 kali lipat dari dana Rp30 triliun tercapai.

Ia menjelaskan agar dapat menyalurkan kredit hingga Rp90 triliun, maka bank akan mencari sisa Rp60 triliunnya dari simpangan masyarakat.

“Kalau kita dikasih Rp30 tirliun dan harus menyalurkan Rp90 triliun. Maka kami harus mencari dana lagi Rp60 triliun. Dana Rp60 triliun berasal dari masyarakat,” ucap Sunarso yang juga adalah Direktur Utama BRI dalam konferensi pers di Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Rabu (1/7/2020).

Sunarso mengatakan dengan skema itu ia memastikan likuiditas perbankan masih mencukupi untuk memenuhi target penyaluran kredit Rp90 triliun dalam waktu 3 bulan yang diminta pemerintah.

Penyalurannya pun juga tetap akan dikontrol sebaik mungkin agar kredit yang disalurkan memiliki kualitas yang baik.

“Bagaimana menjaga kualitas? Letak dan kunci manajemen risiko adalah bagaimana kami menumbuhkan kredit namun kualitas tetap dijaga,” ucap Sunarso.

Sebagai salah satu strategi, Sunarso menyatakan penyaluran dilakukan berdasarkan ada-tidaknya permintaan. Meski sebagian pihak kurang yakin ada permintaan cukup tinggi di tengah pandemi, Sunarso meyakini sebaliknya.

Ia bilang belum lama ini Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) sudah dilonggarkan sehingga aktivitas ekonomi bisa berlangsung sehingga menghasilkan permintaan.

Di sisi lain, ia juga memastikan bank tak akan lepas tangan. Salah satunya bank akan mencoba memberi pendampingan seperti mencari pasar dan vendor agar pihak yang menerima pembiayaan memiliki kualitas kredit yang baik.


Baca juga artikel terkait PERBANKAN atau tulisan menarik lainnya Vincent Fabian Thomas
(tirto.id - Ekonomi)

Reporter: Vincent Fabian Thomas
Penulis: Vincent Fabian Thomas
Editor: Zakki Amali
DarkLight