Saham PT Delta Jakarta Dinilai Belum Penting untuk Dijual

Oleh: Fadiyah Alaidrus - 14 Maret 2019
Saham PT Delta yang dimiliki Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dinilai pengamat anggaran belum penting untuk dijual saat ini.
tirto.id - Sekretaris Jenderal Forum Indonesia untuk Transparansi Anggaran (Fitra) Misbah mengatakan, jika dilihat dari perspektif anggaran, saham PT Delta yang dimiliki Pemerintah Provinsi DKI Jakarta belum penting untuk dijual saat ini.

“Kalau dari perspektif anggaran daerah, menurut kami DKI belum penting menjual saham PT Delta,” kata Misbah saat dihubungi Tirto pada Kamis (14/3/2019).

Misbah mengatakan, jika Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memang mau menjual saham tersebut, maka harus ada landasan yang jelas. Jangan sampai malah merugikan pihak Pemprov DKI.

“Jika ingin dialihkan harus sebanding atau lebih dalam kontribusinya pada PAD [pendapatan asli daerah]. Jangan sampai malah rugi,” kata Misbah.

Misbah menjelaskan bahwa berdasarkan data kuartal III/2018, penjualan PT Delta mencapai Rp627,9 miliar, naik 15 persen dari periode yang sama tahun lalu sebesar Rp545,7 miliar. Dari laba bersih, perseroan meraup uang sebesar Rp232,9 miliar, naik 23 persen dari periode yang sama tahun lalu sebesar Rp189,9 miliar.

“Penjualan Delta akhir tahun lalu masih mencatatkan pertumbuhan positif,” ujar Misbah.

Dengan itu, menurut Misbah, perlu ada pertimbangan lebih mendalam terkait untung atau ruginya melepas saham PT Delta ke PAD.

“Jangan sampai peralihan saham hanya pindah tangan pengelolaan saja, tapi tidak ada dampak terhadap PAD,” ujarnya.

Misbah menyinggung terkait semestinya Gubernur lebih berfokus pada evaluasi BUMD yang mendapatkan penyertaan modal besar dari APBD DKI, tetapi justru merugi.

“Banyak BUMD DKI yg juga mendapat penyertaan modal dari APBD DKI, tapi berkinerja buruk,” kata Misbah.


Baca juga artikel terkait SAHAM BIR atau tulisan menarik lainnya Fadiyah Alaidrus
(tirto.id - Sosial Budaya)

Reporter: Fadiyah Alaidrus
Penulis: Fadiyah Alaidrus
Editor: Dewi Adhitya S. Koesno