Menuju konten utama

Saat Kecanduan Batu Bara Justru Menciptakan Ketimpangan Energi

Meski serapan batu bara untuk pembangkit listrik tergolong tinggi, kenapa banyak daerah masih kekurangan listrik?

Saat Kecanduan Batu Bara Justru Menciptakan Ketimpangan Energi
Anak-anak bermain di pantai Bohay dengan latar belakang PLTU Paiton di Probolinggo, Jawa Timur, Selasa (7/7/2020). ANTARA FOTO/Budi Candra Setya/hp.

tirto.id - Ongen Hattu, seorang sopir taksi berusia 42 tahun, tinggal di Kota Ambon sepanjang hidupnya. Selama hidupnya itu pula ia telah akrab dengan kondisi pulau yang kerap mengalami pemadaman listrik.

Pulau Ambon, yang menjadi pelabuhan penting untuk perdagangan rempah-rempah sejak abad ke-16, memiliki total populasi sekitar 330.000. Selain memiliki pantai dan perbukitan yang indah, ibu kota provinsinya didapuk menjadi Kota Musik Dunia oleh UNESCO pada 2019. Namun dengan semua aset tersebut dan statusnya sebagai salah satu kota yang lebih maju di kawasan timur Indonesia, pembangunan infrastruktur Ambon masih terbatas dibandingkan kawasan metropolitan di kawasan barat Indonesia.

Bagi Ongen, nyaris setiap minggu terjadi pemadaman listrik di hampir semua wilayah Kota Ambon. Bahkan ketika Presiden Joko Widodo berkunjung ke Kota Ambon pada 2017, dia merasakan sendiri pemadaman listrik selama beberapa jam.

"Kami sudah terbiasa," kata Ongen dengan nada ringan. "Kami selalu bercanda bahwa pembangkit listrik kami di sini harus diganti namanya menjadi 'pembangkit listrik tenaga lilin' karena kami selalu memiliki persediaan lilin di rumah jika terjadi pemadaman listrik."

Agus, pria 63 tahun yang juga warga Kota Ambon, turut mengalami pengalaman yang sama. Ia harus memasang genset di rumahnya jika sewaktu-waktu listrik padam. Ia pun harus rela merogoh kocek lagi untuk membeli solar. Pemadaman listrik terjadi sekitar dua kali seminggu, terkadang lebih, kata Agus.

"Mereka [PT PLN] akan mengirim pemberitahuan sebelum pemadaman bahwa ada 'masalah operasional dan pemeliharaan'. Jadi kami harus bersiap dengan pemadaman," kata Agus. "Setiap pemadaman biasanya berlangsung sekitar tujuh jam, terkadang lebih lama."

Kekurangan listrik sering terjadi di daerah-daerah terpencil di Indonesia, terutama di Indonesia bagian timur, yang memiliki banyak pulau kecil dan penduduk yang relatif sedikit. Menurut pemerintah, lebih dari 500.000 rumah tangga Indonesia tidak memiliki akses ke listrik pada Mei 2021. Adhityani Putri, pendiri dan direktur eksekutif CERAH, sebuah LSM yang mengadvokasi transisi energi terbarukan, mengatakan kepada Initium Media bahwa populasi Indonesia bagian timur hanya menyumbang sekitar 7% dari populasi negara dan tersebar secara jarang. Wilayah ini memiliki sedikit aktivitas industri dan permintaan listrik yang rendah dan tidak terkonsentrasi. Putri mengamati bahwa sangat sulit untuk membangun jaringan listrik skala besar karena kendala geografis pulau-pulau ini: "Bahkan pemerintah tidak mau melakukannya."

Namun, pemerintah tidak bisa mengabaikan masalah kemiskinan energi. PLN dan Kementerian ESDM juga telah melaksanakan sejumlah proyek untuk mengaliri listrik di daerah terpencil, termasuk pemasangan microgrid dan lampu tenaga surya.

Pada Mei 2021, pemerintah mengumumkan bahwa tingkat elektrifikasi nasional telah mencapai 99,28% pada kuartal pertama tahun 2021 dan diharapkan mencapai 100% pada 2022. Namun, aktivis dan pengamat mengatakan bahwa angka tersebut tidak mencerminkan pasokan listrik yang sebenarnya karena hanya didasarkan pada jumlah rumah tangga yang memiliki akses ke listrik dan tidak memperhitungkan stabilitas atau lamanya pasokan. Jumlah rumah tangga pun hanya dihitung berdasarkan desa. Sementara masih banyak desa yang hanya memiliki beberapa rumah tangga yang terhubung ke jaringan listrik.

"Angka elektrifikasi [diterbitkan oleh pemerintah Indonesia] terlalu melebih-lebihkan akses aktual [ke listrik], yang bisa hanya satu atau dua jam sehari [untuk rumah tangga yang diklasifikasikan berlistrik oleh pemerintah], dengan keandalan dan kualitas yang bervariasi," Abidah Setyowati, peneliti senior di Delft University of Technology di Belanda, mencatat dalam makalahnya tentang kemiskinan energi di Indonesia. Selain itu, pemadaman listrik berulang terus terjadi, terutama di luar Jawa.

Menurut statistik yang dirilis oleh Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral Indonesia, provinsi Maluku mencapai tingkat elektrifikasi nasional 99% saat ini pada tahun 2019. Namun, di balik statistik pemerintah yang gemilang itu, penduduk setempat belum luput dari bayang-bayang kekurangan listrik.

Pembangkit listrik tenaga batubara tertunda selama lebih dari 10 tahun

Selama beberapa dekade, Pulau Ambon mengandalkan pembangkit listrik tenaga diesel (PLTD). Pada 2017, PLN mencatat total kapasitas terpasang (output maksimum unit pembangkit yang diizinkan) PLTD di Ambon adalah 61,9 MW, dengan beban puncak 54 MW. Berdasarkan rata-rata kapasitas cadangan pembangkit sebesar 15-20% dari beban puncak, kapasitas terpasang PLTD di Ambon masih belum mencukupi. Haryanto W.S., Direktur PLN Provinsi Maluku dan Papua saat itu, mengatakan kepada media bahwa tingkat elektrifikasi di Ambon hanya 70% pada tahun 2017 (dibandingkan dengan Provinsi Maluku yang 99%) dan pasokan listrik masih sangat terbatas.

Selain itu, karena Indonesia bergantung pada bahan bakar solar impor, terutama dari Singapura dan Arab Saudi, yang harganya fluktuatif dengan nilai tukar dolar AS, dan karena solar sendiri sudah menjadi bahan bakar mahal untuk pembangkit listrik, PLN telah mencari untuk cara mengganti pembangkit listrik ini dalam beberapa tahun terakhir. Elrika Hamdi, analis keuangan energi di Institute for Energy Economics and Financial Analysis (IEEFA), mengatakan kepada Initium Media bahwa ketergantungan pada diesel adalah salah satu alasan pasokan listrik yang tidak stabil di daerah-daerah terpencil di Indonesia.

Pemerintah daerah Ambon dan PLN telah memprakarsai beberapa proyek untuk mengatasi kekurangan listrik di pulau itu dan ketergantungannya pada diesel untuk pembangkit listrik. Pada April 2017, pemerintah Ambon menyewa pembangkit listrik terapung (“powership”) bernama Yasin Bey dari pemerintah Turki untuk jangka waktu lima tahun. Kapal pembangkit listrik sepanjang 120 meter ini ditambatkan di lepas pantai desa Waai, di bagian timur Pulau Ambon, untuk menghasilkan listrik dari gas alam cair dan minyak dan memiliki kapasitas terpasang 120 MW. Namun, sesuai kontrak yang ditandatangani dengan Turki, pihaknya hanya memasok 60 MW listrik ke jaringan listrik Ambon.

PLN telah melaksanakan beberapa proyek pembangkit listrik di Ambon, antara lain pembangkit listrik panas bumi 20 MW di Tulehu di bagian timur Pulau Ambon dan pembangkit listrik tenaga batu bara 30 MW di desa Waai. Belum ada tanda-tanda bahwa pembangunan tersebut telah selesai.

Pembangunan PLTU Waai dimulai pada tahun 2010 dan termasuk dalam daftar Proyek Fast Track 10 GW Tahap 1 pembangkit batu bara yang diluncurkan oleh pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada 2006. Sayangnya proyek tersebut mangkrak. Lebih dari satu dekade kemudian, PLN mengumumkan pembatalan proyek PLTU Waai, pada Oktober 2021.

Mengapa pembangkit listrik tenaga batu bara kecil tertunda selama lebih dari satu dekade dan akhirnya dihentikan? Menurut informasi publik, pembangkit listrik tenaga batu bara Waai pada awalnya dibangun dengan kontrak bersama antara Pembangkit Listrik Tenaga Listrik Kaidi Wuhan China; sebuah perusahaan konstruksi pembangkit listrik Indonesia, Hilmanindo Signintama; dan perusahaan konstruksi Indonesia, Sakti Mas Mulia. Pembangkit batubara ini terletak di lahan seluas 22 hektar di desa Waai, hanya beberapa ratus meter dari Pantai Waai yang indah.

Pada tahun 2014, proyek pembangkit listrik tenaga batu bara dihentikan sementara PLN tidak memberikan alasan rinci pada saat itu. Baru pada tahun 2017 mantan Dirut PLN Sofyan Basir menyatakan tanpa penjelasan lebih lanjut, bahwa proyek batu bara Waai mengalami kendala seperti sengketa penggunaan lahan, masalah keuangan dan salah urus internal oleh kontraktor. Pemerintah daerah Ambon menuding proyek itu korupsi. Sejauh ini, proyek batu bara Waai telah menelan biaya hampir Rp800 miliar (sekitar US$56 juta).

Pada Februari 2019, anak perusahaan PLN, Rekadaya Elektrika, menandatangani kontrak rekayasa, pengadaan, dan konstruksi dengan Energy China GPEC. Yang terakhir bertanggung jawab untuk melakukan pekerjaan konstruksi seperti penilaian struktural dan peralatan di lokasi, layanan desain lanjutan, inspeksi dan pemeliharaan peralatan yang ada, penyediaan peralatan baru, pekerjaan konstruksi, adaptasi dan pelatihan, serta pengoperasian pabrik penuh. dan jasa pemeliharaan selama lima tahun.

Proyek ini awalnya dijadwalkan akan dimulai pada kuartal kedua tahun 2019 untuk masa konstruksi dua tahun. Namun, tampaknya tidak ada kemajuan yang berarti. Ketika reporter Initium Media mengunjungi lokasi PLTU Waai pada Oktober 2021, ia melihat pemandangan yang tak jauh berbeda dengan foto yang muncul di beberapa media pada 2018: rangka baja raksasa berwarna biru yang mangkrak, di tengah hamparan rumput liar yang luas, dan dikelilingi oleh perancah timah bobrok dan pipa baja yang ditelan lumut. Beberapa kendaraan bekas diparkir di dekatnya, memberikan suasana pabrik daur ulang yang sepi.

Seorang penjaga berseragam cokelat, yang sedang tidur siang di balik dinding beton di lokasi, menolak ketika wartawan Initium Media hendak masuk ke lokasi proyek. “Sudah tidak ada aktivitas di sini sejak bertahun-tahun yang lalu,” kata penjaga itu. “Saya hanya bertugas menjaga fasilitas ini, itu saja. Saya tidak berpikir akan ada pekerjaan konstruksi [di sini] dalam waktu dekat.”

Initium Media telah melakukan beberapa upaya untuk menanyakan kepada PLN cabang Maluku tentang penundaan PLTU Waai melalui telepon dan pesan teks tetapi tidak ada jawaban apa pun pada saat publikasi.

Pada Mei 2021, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral Indonesia mengumumkan akan mempelajari apakah akan menghentikan proyek pembangkit listrik tenaga batu bara Waai tanpa memberikan alasan, dan pada bulan Oktober, PLN menyebutkan dalam laporan pembangunan listrik nasional tahunan untuk 2021-30 bahwa Waai proyek pembangkit listrik tenaga batu bara dibatalkan. Sekali lagi, tidak ada alasan khusus yang diberikan.

Kecanduan batu bara

Para pengamat dan aktivis yang diwawancarai oleh Initium menunjukkan bahwa proses pengambilan keputusan PLN untuk membangun pembangkit listrik tak jarang tidak transparan. Satu-satunya cara untuk mengetahui mengapa pembangkit listrik tenaga batu bara dibatalkan secara tiba-tiba adalah dengan menelusuri informasi publik dan tren penelitian dalam pengembangan kelistrikan di Indonesia. Di luar kasus hak guna lahan, ada banyak masalah struktural dengan pasokan listrik Indonesia yang melatarbelakangi penghentian proyek pembangkit listrik tenaga batu bara.

Andri Prasetiyo, seorang peneliti di Trend Asia, sebuah kelompok hijau yang mempromosikan transformasi sumber energi baru, menunjukkan kepada Initium Media bahwa membangun pembangkit listrik tenaga batu bara di Indonesia bagian timur adalah rencana yang tidak masuk akal karena Indonesia bagian timur tidak menghasilkan batu bara, dan tenaga batu bara perlu diangkut dari tambang di Kalimantan dan Sumatera. Biaya transportasi pengiriman batu bara dari tambang-tambang ini tentu tergolong tinggi.

Ketika Presiden Joko Widodo mengunjungi Ambon pada tahun 2017 untuk memeriksa apa yang saat itu merupakan pembangkit listrik tenaga batu bara Waai yang ditutup, ia juga mengatakan bahwa batu bara tidak efisien digunakan sebagai sumber pembangkit listrik di daerah tersebut mengingat biaya transportasi. “Jelas salah menggunakan batu bara sebagai bahan bakar pembangkit listrik di sini [di Ambon],” tutup Presiden Widodo.

Mengapa PLN memilih untuk membangun pembangkit listrik tenaga batu bara di Ambon, daerah non-penghasil batu bara, meskipun biaya transportasinya jelas? Hamdi, analis energi, menunjukkan bahwa menurut undang-undang Indonesia, tarif listrik on-grid yang dijual ke pelanggan ditetapkan oleh pemerintah pusat, dan PLN wajib mengenakan tarif tetap untuk pasokan listrik on-grid, berapa pun dayanya. Kebijakan pemerintah Indonesia juga menetapkan harga batas atas penggunaan batu bara dalam negeri, sehingga menghasilkan biaya pembangkit listrik yang rendah secara artifisial dari batu bara dibandingkan dengan solar dan sumber lainnya. Hal ini membuat PLN melihat pembangkit listrik berbahan bakar batu bara sebagai pilihan prioritas ketika membangun pembangkit listrik baru dan mengganti pembangkit listrik tenaga diesel selama beberapa tahun terakhir.

Indonesia adalah produsen batu bara terbesar keempat di dunia, dan pertambangan batu bara telah lama menjadi salah satu industri utama, menikmati insentif pajak yang besar. Badan Energi Internasional melaporkan bahwa Indonesia juga memberikan subsidi bahan bakar fosil terbesar secara persentase dari PDB negara mana pun di kawasan ini. Sebelum wabah COVID-19, kapasitas produksi batu bara Indonesia secara umum tergolong stabil atau meningkat dari tahun ke tahun, dengan lonjakan signifikan sebesar 30% antara tahun 2017 dan 2019. Dalam rangka mempertahankan industri batu bara dalam negeri dan mengimbangi penurunan permintaan batu bara internasional pada tahun beberapa tahun terakhir karena kebijakan lingkungan, pemerintah Indonesia memberikan subsidi yang signifikan kepada PLTU batu bara untuk menyerap kapasitas produksi batu bara.

Menurut laporan Overseas Development Institute, sebuah lembaga thinktank Inggris, pemerintah Indonesia memberikan subsidi sebesar Rp970,2 miliar (US$680 juta) untuk pembangkit listrik tenaga batu bara pada tahun 2016 dan 2017 saja, dan Rp3.095,3 miliar (US$2,16 miliar) untuk mendorong penggunaan tenaga batu bara. Pada tahun 2018, pemerintah Indonesia menetapkan harga pagu untuk batu bara yang dijual ke pembangkit listrik tenaga batu bara dan mengamanatkan bahwa setidaknya 20-25% dari produksi batu bara digunakan di dalam negeri. Pada tahun 2020, statistik menunjukkan bahwa 68% dari penjualan batu bara domestik Indonesia adalah untuk pembangkit listrik berbahan bakar batu bara.

Dengan dukungan berbagai kebijakan, biaya pembangkit listrik tenaga batu bara di Indonesia sangat rendah. Menurut data pemerintah Indonesia, biaya pembangkitan listrik dari batu bara pada tahun 2020 akan menjadi Rp600 (sekitar US$0,04 sen) per kilowatt hour (kWh), dibandingkan dengan Rp1.600 (US$0,11) dan Rp1.100 (US$0,08) per kWh untuk gas alam dan panas bumi masing-masing, hampir dua sampai tiga kali lebih sedikit.

Dengan latar belakang ini, mudah untuk memahami mengapa pembangkit listrik tenaga batu bara Indonesia tumbuh di tengah gelombang internasional pengurangan karbon dioksida di atmosfer. Menurut laporan Global Electricity Review yang diterbitkan oleh lembaga pemikir iklim dan energi Uni Eropa, EMBER, pada tahun 2021, Indonesia bukan hanya satu dari lima negara G20 (20 negara industri teratas di dunia) dengan peningkatan pertumbuhan pembangkit listrik tenaga batu bara sejak 2015, tetapi juga memiliki tingkat pertumbuhan tertinggi di kawasan ini. Sekitar 60% dari total pembangkit listrik Indonesia berasal dari batu bara pada tahun 2020. Vietnam dan Filipina di dekatnya, yang keduanya juga sangat bergantung pada batu bara, memiliki tingkat pembangkit listrik berbahan bakar batu bara masing-masing sebesar 48,1% dan 57%.

Subsidi pemerintah Indonesia untuk pembangkit listrik berbasis batu bara tidak hanya mengakibatkan ketergantungan yang besar pada batu bara untuk pasokan listrik domestik, tetapi bahkan telah membawa krisis kelebihan kapasitas batu bara. Menurut laporan yang dikeluarkan oleh Institute for Energy Economics and Financial Analysis pada November 2021, PLN telah melebih-lebihkan permintaan listrik selama bertahun-tahun (rata-rata 34,2% per tahun sejak 2015) dan membangun sejumlah besar pembangkit listrik tenaga batu bara, menyebabkan batu bara pasokan listrik secara bertahap melebihi permintaan listrik aktual di seluruh negeri.

“PLN memperkirakan kebutuhan listrik hanya berdasarkan perkiraan pertumbuhan PDB nasional, tanpa memperhitungkan perubahan efisiensi energi atau faktor lain yang mengurangi permintaan,” jelas Hamdi, penulis laporan kepada Initium Media. “Rata-rata pertumbuhan permintaan listrik Indonesia selama lima tahun terakhir menunjukkan bahwa ekonomi tidak pernah tumbuh setinggi yang diinginkan pemerintah, tetapi PLN belum menyesuaikan cara mereka memprediksi permintaan listrik sampai saat ini.”

Selain itu, terdapat konflik kepentingan antara industri pertambangan batu bara Indonesia, PLN dan pemerintah Indonesia, termasuk dugaan pembangunan pembangkit listrik tenaga batu bara yang tidak perlu. Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi Indonesia saat ini, Luhut Binsar Panjaitan, adalah pemilik perusahaan pertambangan Toba Sejahtera, dan Menteri Pariwisata, Sandiaga Uno, memegang saham di Adaro Energy, perusahaan pertambangan batu bara terbesar kedua di Indonesia.

“Korupsi adalah gajah dalam ruangan ketika membahas industri tenaga batu bara Indonesia,” kata seorang peneliti industri tenaga batu bara Indonesia kepada Initium Media. "Beberapa proyek pembangkit listrik tenaga batu bara tampaknya tidak punya alasan untuk dibangun sama sekali; itu adalah hasil dari seseorang yang 'menjanjikan' seseorang." Pada 2018 lalu, muncul skandal suap proyek batu bara Riau-1 600 MW di Sumatera, yang melibatkan tidak hanya anggota DPR dan Menteri Sosial, tetapi juga mantan Dirut PLN.

Menurut data yang dikeluarkan oleh Kementerian ESDM pada tahun 2020, jaringan Jawa-Bali memiliki kapasitas terpasang 30,23 GW tetapi beban puncak hanya 16,61 GW, yang menyisakan kapasitas surplus 10,29 MW setelah dikurangi cadangan 15-20% dari beban puncak (yang disebut “margin cadangan”).

Laporan Greenpeace Cina Juni 2021 tentang risiko investasi pembangkit listrik tenaga batu bara di Indonesia juga menunjukkan bahwa bahkan dalam skenario pertumbuhan ekonomi yang ideal dengan permintaan listrik yang tinggi, wilayah Jawa-Bali, Kalimantan dan Sumatera di Indonesia bagian barat akan memiliki kelebihan kapasitas batu bara sebesar 2022; dalam skenario pertumbuhan ekonomi yang rendah, bahkan wilayah Maluku-Papua Barat di bagian timur dapat menghadapi krisis kelebihan kapasitas batu bara.

Dilema keuangan PLN

Pembangkit batu bara Waai hanyalah puncak gunung es untuk proyek PLTU batu bara yang telah dibatalkan atau ditangguhkan PLN dalam beberapa tahun terakhir. Isabella Suarez, seorang analis Asia Tenggara di Pusat Penelitian Energi dan Udara Bersih, mengatakan kepada Initium Media bahwa hingga Juli 2021, sekitar 30 GW proyek pembangkit listrik tenaga batu bara di Indonesia telah dibatalkan dan 5,6 GW telah dihentikan.

“[Total kapasitas terpasang proyek yang dibatalkan atau ditangguhkan] kira-kira setara dengan kapasitas [pembangkit listrik tenaga batu bara] yang beroperasi di Indonesia pada akhir 2020,” kata Suarez.

Sebagian besar proyek pembangkit listrik tenaga batu bara dihentikan selama tahap pembiayaan atau perencanaan. Hamdi mencatat bahwa alasan pembatalan yang paling masuk akal adalah penundaan dan kesulitan dalam menutup perjanjian pembiayaan dan fakta bahwa PLN menemukan bahwa permintaan listrik lebih rendah dari yang diharapkan selama beberapa tahun terakhir. Sementara itu, pembatalan dan penundaan proyek pembangkit listrik tenaga batu bara mengakibatkan kerugian finansial yang cukup besar bagi PLN. Pada tahun 2017, Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) mencatat bahwa lima proyek pembangkit listrik tenaga batu bara yang tertunda, termasuk pembangkit listrik tenaga batu bara Waai, menyebabkan kerugian total lebih dari US$120 juta.

Namun, Hamdi yang sejak lama memantau keuangan PLN mengatakan, defisit pembangunan dan pengoperasian PLTU batu bara yang kelebihan kapasitas karena permintaan yang lebih rendah mungkin lebih besar daripada kerugian finansial dari proyek yang dibatalkan atau tertunda. "Masalah keuangan terbesar yang dihadapi PLN saat ini adalah kontrak dengan persyaratan ketat yang ditandatangani PLN untuk menarik modal ke proyek pembangkit batu bara tetapi sebagai imbalannya meningkatkan kewajibannya," katanya.

“Kontrak peningkatan kewajiban” yang dimaksud Hamdi adalah perjanjian jual beli tenaga listrik (PPA) yang ditandatangani PLN untuk proyek batu bara milik independent power producer (IPP). IPP sendiri bukanlah perusahaan publik melainkan fasilitas untuk menghasilkan listrik untuk dijual kepada PLN dan pelanggan. Berdasarkan kepemilikan, pembangkit listrik batu bara di Indonesia secara garis besar dapat dibagi menjadi dua kategori: satu dimiliki sepenuhnya oleh PLN, dan yang lainnya oleh perusahaan pihak ketiga yang memiliki atau berbagi proyek IPP dengan PLN. Dalam proyek IPP, perusahaan pembangkit memberikan pembiayaan melalui pinjaman. Setelah pembangkit selesai, PLN, yang bertanggung jawab untuk memasok listrik ke seluruh jaringan yang lebih besar di Indonesia, harus membeli listrik dari pemilik pembangkit sesuai dengan ketentuan PPA.

Setelah krisis keuangan Asia tahun 1997, Indonesia berjuang untuk menarik investasi modal selama bertahun-tahun. Sementara permintaan listrik tumbuh pesat, PLN terpaksa menerima persyaratan kontrak yang lebih ramah investor, seringkali dengan jangka waktu yang sangat lama hingga 30 tahun untuk PPA. “Pada dasarnya, persyaratan ini mengikuti buku pedoman Bank Dunia untuk menarik modal ke pasar negara berkembang, yang bertujuan untuk menurunkan risiko investasi. Setelah kontrak ditandatangani, hampir tidak mungkin untuk mengubah persyaratan, dan seringkali sangat sulit bagi PLN untuk membatalkannya," kata Hamdi.

Akibatnya, sejumlah besar modal mulai mengalir ke pasar tenaga batu bara Indonesia, situasi yang digambarkan sebagai "eksplosif" oleh orang dalam industri yang bekerja untuk investor Cina di tenaga batu bara luar negeri. Namun, proyeksi permintaan listrik PLN yang terlalu optimis, yang mengakibatkan kelebihan kapasitas batu bara, mulai berdampak pada peningkatan angka utang. Banyak PLTU yang beroperasi di Indonesia pertama kali direncanakan 10-15 tahun lalu. Ini berarti PLN harus membeli listrik lebih dari yang diperkirakan pada tahun sebelumnya, jauh melebihi permintaan aktual, berdasarkan PPA yang ditandatangani pada saat itu.

Pada tahun 2017, sebuah surat yang menyatakan keprihatinan tentang situasi keuangan PLN, yang dikirim oleh Kementerian Keuangan kepada Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral, bocor. PLN mulai menyadari potensi krisis keuangan dan menghentikan penawaran untuk proyek pembangkit listrik tenaga batu bara pada tahun 2018, alih-alih memilih mitra sendiri dan memodifikasi ketentuan penandatanganan kontrak untuk proyek IPP. Sumber dalam di industri batu bara Cina yang disebutkan sebelumnya mengungkapkan kepada Initium Media bahwa PLN membutuhkan 51% ekuitas dalam proyek pembangkit listrik tenaga batu bara IPP dan 49% di perusahaan mitra, tetapi hanya sekitar 10% dari ekuitas yang disumbangkan oleh PLN; selebihnya mengharuskan mitra untuk memberikan pinjaman berbunga rendah. Pada saat yang sama, PLN mewajibkan mitra untuk bertanggung jawab penuh atas penjaminan pinjaman.

"Rasio kepemilikan saham perusahaan tidak sesuai dengan standar normal dan akan membawa risiko yang lebih besar bagi mitra Cina. Untuk BUMN Cina, persyaratan seperti itu tidak diperbolehkan," lapor sumber tersebut. Menurut mereka, setelah 2018, perusahaan Cina jarang menandatangani kontrak investasi ekuitas di pembangkit listrik tenaga batu bara Indonesia Sebagian besar kontrak tenaga batu bara baru adalah untuk pembangkit listrik off-grid di kawasan industri yang tidak memerlukan kerjasama dengan PLN, serta proyek-proyek turnkey engineering atau ekspor peralatan.

Namun menurut Hamdi, PLN terlambat melakukan perubahan, dan hanya mengalihkan risiko pengoperasian PLTU ke perusahaan lain tanpa melakukan penyesuaian rencana pembangunan PLTU. Menurut laporan Institute for Energy Economics and Financial Analysis, utang PLN dalam pembukuan akan mencapai hampir Rp650 triliun (sekitar US$45 miliar) pada tahun 2020, dan jika kewajiban sewa dari PPA ditambahkan, total utang akan meningkat. menjadi Rp875 triliun (US$61 miliar). Dengan adanya wabah COVID-19 yang secara signifikan mengurangi permintaan listrik, pembayaran pembelian listrik kepada mitra proyek batu bara IPP diharapkan menjadi beban operasional terbesar PLN pada tahun 2021.

Dengan semakin sedikitnya investor asing yang bersedia menandatangani kontrak berisiko untuk memasuki pasar tenaga batu bara Indonesia yang sudah mendekati kelebihan kapasitas, dan dengan penarikan modal global dari pembangkit listrik tenaga batu bara karena masalah lingkungan, PLN sering mengalami kesulitan dalam membiayai proyek pembangkit listrik tenaga batu bara. Dalam beberapa tahun terakhir, semakin banyak proyek pembangkit listrik tenaga batu bara yang dihentikan tanpa menerima pembiayaan.

Komitmen transformasi energi baru yang ambisius

Terlepas dari alasan yang mendasari penghentian proyek batu bara secara bertahap, di mata para pencinta lingkungan yang mendorong transisi energi terbarukan, setiap pembangkit listrik tenaga batu bara yang tidak dibangun setidaknya merupakan peluang baru untuk memperluas pembangkit energi terbarukan. Transisi energi baru Indonesia berjalan lambat karena kurangnya dorongan kebijakan. Antara tahun 2012 dan 2020, kapasitas energi terbarukan Indonesia hanya tumbuh sedikit pada tingkat rata-rata 4% per tahun, tertinggal jauh di belakang tingkat pertumbuhan lebih dari 10% dari Malaysia, Vietnam, India dan Thailand selama periode yang sama.

Pada bulan Mei, Presiden Jokowi mengumumkan bahwa tidak ada pembangkit listrik tenaga batu bara baru yang akan dibangun di Indonesia setelah tahun 2023 dan menetapkan target untuk mencapai netralitas karbon pada tahun 2060. Sejalan dengan kebijakan pemerintah, rencana bisnis PLN bulan Oktober 2021 mengusulkan penghapusan hampir 13,2 GW proyek pembangkit listrik tenaga batu bara yang direncanakan sebelumnya. Banyak dari mereka akan digantikan oleh proyek energi terbarukan, yang secara signifikan akan meningkatkan pangsa kapasitas energi terbarukan dari 13% saat ini menjadi 23% pada tahun 2025, dan 29% pada tahun 2030. Pangsa kapasitas energi terbarukan diperkirakan akan meningkat secara signifikan dari saat ini 13% menjadi 23% pada tahun 2025, dan menjadi 29% pada tahun 2030. Pada Konferensi Perubahan Iklim Perserikatan Bangsa-Bangsa (COP26) November lalu, pemerintah Indonesia selanjutnya berjanji untuk menghentikan 9,2 GW tenaga batu bara pada tahun 2030 dan memajukan rencananya untuk bergerak jauh dari tenaga batu bara sepenuhnya pada tahun 2056 hingga 2040-an.

Namun, para pemerhati lingkungan mempertanyakan apakah komitmen ini akan cukup untuk mengurangi dampak lingkungan dari pembangkit listrik tenaga batu bara selama 30 tahun ke depan. PLN masih on track untuk membangun PLTU baru dengan total kapasitas terpasang 13,8 GW pada 2023. "Dampak lingkungan dari pembangunan PLTU baru ini akan berlangsung hingga 2050," kata Adila Isfandiari, peneliti Greenpeace Indonesia kepada Mongabay.

Pembangkit listrik tenaga batu bara merupakan sumber emisi karbon terbesar kedua di Indonesia, menyumbang 35% dari seluruh emisi CO2. Tujuh puluh sembilan persen pembangkit listrik tenaga batu bara di Indonesia adalah pembangkit listrik subkritis, yang tidak hanya kurang efisien dibandingkan unit ultra-superkritis, menyumbang 45% dari listrik yang dihasilkan di Cina, tetapi juga menyumbang 75% lebih banyak emisi CO2. Karena kurangnya langkah-langkah pengendalian emisi yang ketat, pembangkit listrik tenaga batu bara telah menyebabkan polusi udara yang sangat serius di Indonesia. Suarez, analis energi, menunjukkan bahwa peraturan lokal untuk emisi untuk pembangkit batu bara sangat lemah sehingga hanya membutuhkan sedikit atau tidak ada peralatan kontrol emisi untuk dipasang. Menurut sebuah studi yang dirilis pada September 2021 oleh kelompok lingkungan multinasional C40, polusi udara dari pembangkit listrik tenaga batu bara di dekat ibu kota Jakarta akan menyebabkan kematian lebih dari 1.500 orang pada 2019 dan lebih dari 3.000 orang setiap tahun pada 2030.

Sementara itu, sesaat sebelum pengumuman rencana transisi energi baru pada Mei 2021, pemerintah Indonesia mengumumkan bahwa fly ash dan bottom ash dari pembakaran batu bara yang mengandung logam berat dalam jumlah besar akan dihapus dari daftar limbah berbahaya. Sebelumnya, Asosiasi Pertambangan Batu Bara Indonesia dan beberapa kelompok perdagangan industri lainnya melobi pemerintah untuk melonggarkan peraturan untuk memfasilitasi penjualan fly ash dan bottom ash untuk digunakan dalam konstruksi.

Selain itu, para ahli menunjukkan bahwa kebijakan preferensial yang sedang berlangsung di Indonesia pada tenaga batu bara dan fakta bahwa PLN tunduk pada kontrak pengadaan listrik jangka panjang juga menimbulkan rintangan bagi jalur transformasi energi baru di Indonesia. Pemerintah Indonesia telah mengatakan akan membutuhkan dana $35 miliar untuk mencapai target 2030 agar negara ini didukung oleh 29% energi terbarukan. Namun Hamdi mencontohkan, masalah utama bukan hanya sumber pendanaan, tetapi juga apakah pemerintah Indonesia mengusulkan kebijakan energi yang konsisten dan jelas.

Masalah yang lebih besar bagi PLN adalah "terjebak dengan kelebihan kapasitas batu bara dan kontrak PAA yang ketat. Energi terbarukan hampir tidak memiliki ruang untuk dimainkan [dalam situasi seperti itu]. Pembiayaan untuk energi terbarukan berlimpah dan beberapa mudah diakses tetapi PLN dan pemerintah Indonesia harus memberikan arah yang jelas dan kebijakan dukungan yang konsisten untuk proyek-proyek masa depan."

Indonesia kaya akan sumber energi terbarukan seperti panas bumi, matahari, angin dan hidro, dan pemerintah telah memperkenalkan potongan pajak kecil untuk proyek energi terbarukan di masa lalu, serta feed-in tariff (mekanisme subsidi pemerintah untuk energi terbarukan generator) negara-negara lain di Asia telah berhasil menerapkannya. Namun, penelitian menunjukkan bahwa mekanisme subsidi energi terbarukan di Indonesia bersifat fluktuatif, dan pemerintah masih cenderung memprioritaskan tenaga batu bara sebagai sumber pembangkit, sehingga membuat investor kurang percaya diri. Selama dekade terakhir, pengembangan proyek energi terbarukan di Indonesia terbatas, kecuali pembangkit listrik tenaga air, yang membutuhkan biaya yang relatif rendah tetapi memiliki dampak sosial dan lingkungan yang harus dihadapi.

“Sebagian besar investor masih percaya bahwa berinvestasi di energi terbarukan di Indonesia lebih berisiko daripada pembangkit listrik tenaga batu bara,” kata Setyowati, peneliti senior di Delft University of Technology di Belanda.

Pada Oktober 2021, legislatif Indonesia mengesahkan pajak karbon pertamanya, yang diperkirakan akan mengenakan pajak emisi karbon dari pembangkit listrik tenaga batu bara yang melebihi ambang batas yang disyaratkan mulai April 2022 dan meluas ke industri lain pada 2025. Namun, analisis menunjukkan bahwa jumlah Pajak karbon Indonesia terlalu rendah untuk mendorong transisi energi terbarukan. Beberapa perusahaan Indonesia melaporkan bahwa mereka lebih suka membayar pajak karbon daripada berinvestasi dalam energi alternatif terbarukan.

Di sisi lain, apakah pembangkit listrik tenaga batu bara yang beroperasi dapat dihentikan sesuai jadwal atau lebih awal juga merupakan faktor kunci dalam jalur transformasi energi terbarukan di Indonesia. Pada Agustus 2021, Asian Development Bank (ADB) mengumumkan peluncuran Mekanisme Transisi Energi, yang menyediakan pendanaan bagi Indonesia, Vietnam, dan Filipina untuk membantu pensiun dini pembangkit listrik tenaga batu bara di bawah usia 15 tahun. ADB telah menetapkan target untuk membantu menghentikan hampir 50% pembangkit listrik batu bara di tiga negara selama 10-15 tahun ke depan, yang dipandang sebagai dorongan besar yang dapat mempercepat penghentian bertahap batu bara di Indonesia.

Namun, laporan Desember 2021 oleh Institute for Energy Economics and Financial Analysis mencatat bahwa 66% pembangkit listrik tenaga batu bara Indonesia, dengan kapasitas sekitar 22,8 GW, saat ini berusia kurang dari 10 tahun, jumlah yang signifikan jika ditambahkan ke 13,8 GW pembangkit listrik tenaga batu bara. pembangkit batu bara baru yang menurut PLN masih diharapkan pada tahun 2023. Fasilitas Transisi Energi ADB akan memprioritaskan penghentian pembangkit batu bara pada 6-15 tahun, yang berarti bahwa banyak pembangkit batubara di Indonesia mungkin tidak mendapatkan manfaat dari fasilitas ini.

Selain itu, sekitar 40% pembangkit listrik tenaga batu bara Indonesia adalah proyek IPP, dan PLN telah menandatangani kontrak pengadaan tenaga listrik yang biasanya berjangka waktu 25-30 tahun. Persyaratan kontrak ini membuat penghentian awal pembangkit batu bara tidak mungkin dilakukan. Pada saat yang sama, kepentingan PLN sendiri juga dapat membatasi kemajuan penghapusan batu bara yang lebih besar. Pembangkit listrik tenaga batu bara masih menjadi sumber pendapatan utama PLN, dan semua pembangkit listrik tenaga batu bara di Indonesia yang berusia lebih dari 30 tahun yang belum dinonaktifkan adalah milik PLN.

Mempertimbangkan konflik kepentingan PLN sebagai perusahaan milik negara, penulis laporan, Haneea Isaad, asisten peneliti di pasar energi Asia, memperingatkan bahwa jika ETM ADB tidak dirancang dengan baik, kemungkinan pemerintah di Indonesia dan negara lain akan mensubsidi penonaktifan pembangkit listrik tenaga batu bara dan kemudian berbalik dan mendanai pengoperasian pembangkit listrik tenaga batu bara yang ada dan baru, sehingga “memperpanjang umur aset yang mencemari dengan memberi mereka masa tenggang tambahan untuk pensiun.”

Apa yang terjadi setelah Cina menghentikan investasi PLTU?

Cina merupakan sumber dukungan finansial dan teknis terbesar untuk pembangunan pembangkit listrik tenaga batu bara di Indonesia. Menurut Greenpeace Cina, per Mei 2021, Cina terlibat dalam total 30,19 GW proyek pembangkit listrik tenaga batu bara baik yang sedang beroperasi, sedang dibangun maupun yang sedang direncanakan di seluruh Indonesia. Ini menyumbang sekitar 62% dari semua proyek pembangkit listrik tenaga batu bara di Indonesia.

Setelah Korea Selatan dan Jepang mengumumkan penghentian investasi pembangkit listrik tenaga batu bara luar negeri yang didukung negara pada awal tahun 2021, Cina juga mengumumkan penghentian proyek batu bara lepas pantai baru pada bulan September 2021, meningkatkan kekhawatiran tentang pengembangan tenaga batu bara Indonesia dan bagaimana transisinya ke energi terbarukan. energi

Pemerintah Cina belum memberikan penjelasan lebih lanjut tentang bagaimana rencananya untuk menghentikan proyek pembangkit listrik tenaga batu bara di luar negeri yang saat ini sedang dibangun atau sedang dibiayai. Suarez menunjukkan bahwa perusahaan-perusahaan Cina terlibat dalam 36% dari proyek-proyek tersebut. Jika proyek-proyek tersebut dihentikan, tentu akan mengurangi kapasitas instalasi batu bara baru di Indonesia dalam beberapa tahun ke depan.

Zhang Jing, kepala program "Investasi Luar Negeri Infrastruktur Hijau" Greenpeace Cina, mengatakan kepada Initium bahwa menurut pengamatan saat ini, salah satu faktor yang akan mempengaruhi proyek pembangkit listrik tenaga batu bara yang direncanakan adalah statusnya saat ini. Mereka yang berada dalam tahap awal perencanaan dengan pembiayaan dan pembayaran yang belum jatuh tempo, atau tanpa landasan bahkan untuk pembangunannya, mungkin menghadapi risiko lebih besar untuk dibatalkan atau ditangguhkan.

Hamdi mencatat, lebih dari separuh proyek batu bara milik PLN sendiri dibiayai oleh bank Cina atau Jepang di masa lalu. Mengingat bahwa hanya Jepang dan Cina yang mengumumkan bahwa mereka tidak akan lagi mendanai pembangkit listrik tenaga batu bara di luar negeri, proyek batu bara PLN yang tidak dibiayai mungkin mengalami kesulitan dalam pengadaan investasi; tetapi ini adalah instalasi skala kecil yang mungkin masih menarik pembiayaan dari dalam Indonesia. Mengingat sebagian besar proyek batu bara yang direncanakan di Indonesia telah dibiayai dan sedang dibangun, dan kemungkinan besar tidak ada pembangkit batu bara baru yang akan direncanakan dalam waktu dekat, jika saja Cina berhenti menyediakan dana, dampaknya terhadap pengembangan pembangkit listrik tenaga batu bara di masa depan di Indonesia sebenarnya bisa terbatas.

Setelah Cina menarik diri dari investasi luar negeri dalam pembangkit listrik tenaga batu bara, apakah akan lebih banyak berinvestasi dalam proyek energi terbarukan di Indonesia? Menurut para ahli yang diwawancarai oleh Initium Media, semuanya tergantung pada apakah ada permintaan yang sah di Indonesia dan apakah lingkungan investasi yang menarik dapat diciptakan.

“Investasi listrik luar negeri, termasuk dari Cina dan Jepang, pada dasarnya didorong oleh permintaan Indonesia sendiri,” kata analis kebijakan kelistrikan senior EMBER, Yang Muyi, kepada Initium.

Dalam sebuah wawancara pada tahun 2018, seorang pejabat pemerintah Indonesia juga mengatakan, "Jika kami menginginkan batu bara, mereka [Cina] akan menjual batu bara kepada kami. Jika kami menginginkan energi surya, mereka akan menjual energi surya kepada kami."

Pada tahun 2020, lebih dari setengah total investasi energi luar negeri Cina dalam proyek Belt and Road masuk ke proyek pembangkit listrik tenaga surya, angin, dan air. Di Indonesia, investasi Cina saat ini dalam pembangkit energi terbarukan hanya terfokus pada pembangkit listrik tenaga air, tanpa uang yang masuk ke angin dan surya sejauh ini. Hamdi mencontohkan, sebagian besar karena PLN tidak pernah secara terbuka menawar proyek-proyek ini.

“Jika PLN mulai tender proyek surya besar, saya cukup yakin investasi Cina akan mulai mengalir juga. Jadi Anda bisa melihat betapa sedikit upaya PLN untuk ekspansi terbarukan, selain tenaga air dan panas bumi.”

Kemiskinan energi masih jauh dari penyelesaian

Apakah pemerintah Indonesia memenuhi komitmen pengurangan CO2 atau tidak, sudah ada tren kebijakan yang jelas untuk menghentikan pembangkit listrik batu bara baru dan mengembangkan energi terbarukan sebagai gantinya. Warga Pulau Ambon yang sudah lama mengalami kekurangan listrik juga merasakan perubahan ini. Saat mengumumkan pembatalan pembangkit listrik tenaga batu bara Waai, PLN secara bersamaan memprioritaskan proyek batu bara Ambon 50 MW yang berbeda—dihentikan pada tahun 2017 sebelum dapat dibiayai—daripada proyek energi terbarukan yang diharapkan selesai pada tahun 2030, bahkan tanpa merinci energi terbarukan.

Cara paling efektif dan berkelanjutan untuk mengatasi masalah kemiskinan energi di daerah terpencil di Indonesia adalah dengan mendirikan fasilitas pembangkit energi terbarukan off-grid berbasis masyarakat, menurut Setyowati, peneliti Delft University. Fasilitas ini sudah ada di banyak daerah terpencil di Indonesia, tetapi karena masyarakat seringkali bertanggung jawab atas pemeliharaan mereka sendiri, dan tanpa adanya subsidi pemerintah, harga listrik ini umumnya jauh lebih tinggi daripada harga sumber listrik yang tidak terbarukan. Hasilnya adalah pemeliharaan operasi jangka panjang merupakan sebuah tantangan.

Setyowati percaya bahwa pemerintah Indonesia perlu mendukung proyek energi terbarukan skala kecil ini dengan memberikan pinjaman preferensial, persetujuan jalur cepat, dan tunjangan untuk pembiayaan bersama beberapa proyek untuk mencapai tujuan yang ditetapkan pemerintah yaitu "akses listrik nasional 100%" .

Meskipun sikap pemerintah Indonesia terhadap transisi energi terbarukan semakin terbuka, semua diskusi terkait proyek-proyek tersebut masih terfokus pada opsi on-grid skala besar, dengan sedikit diskusi tentang pasokan listrik ke daerah-daerah terpencil yang akan kembali beroperasi. investasi minimal, sehingga menghalangi pembiayaan dari luar.

Namun demikian, sementara pejabat pemerintah berbicara tentang transformasi energi, dan semua pihak menantikan pengenalan kebijakan khusus yang terkait dengan sektor energi, ada sekelompok kecil orang Indonesia yang sangat menantikan kedatangan listrik yang andal dan aman dari mana pun asalnya.

“Tidak masalah listriknya dari batu bara, solar, atau lainnya asalkan tidak mengganggu aktivitas kami,” kata Ongen, si sopir taksi dari Kota Ambon. “[Listrik] adalah kebutuhan dasar kita, dan pemerintah harus menyediakannya.”

Artikel ini terbit dengan dukungan Earth Journalism Network dan tayang pertama kali di Initium Media, Hong Kong pada 9 Januari 2022 dalam Mandarin. Lin Yuxuan berkontribusi pada laporan ini.

Baca juga artikel terkait PLTU BATU BARA atau tulisan lainnya dari Adi Renaldi

tirto.id - Indepth
Penulis: Adi Renaldi
Editor: Adi Renaldi