Rute Perjalanan Indonesia-Singapura Kembali Dibuka 20 Oktober 2020

Oleh: Gilang Ramadhan - 12 Oktober 2020
Perjalanan hanya dibuka untuk kegiatan bisnis esensial dan perjalanan dinas masing-masing pemerintah.
tirto.id - Indonesia dan Singapura sepakat untuk membuka kembali rute perjalanan ke masing-masing negara pada 26 Oktober 2020. Hal itu menyusul negosiasi antara Kementerian Luar Negeri kedua negara pada Agustus lalu.

Pembukaan rute perjalanan atau Travel Corridor Arrangement (TCA) Indonesia-Singapura belum berlaku untuk umum. Perjalanan hanya dibuka untuk kegiatan bisnis esensial dan perjalanan dinas masing-masing pemerintah.

"Aplikasi untuk RGL/TCA akan dibuka pada 26 Oktober 2020 dan perjalanan lainnya segera dimulai setelahnya," dikutip dari pernyataan bersama Kementerian Luar Negeri Indonesia dan Singapura, Senin (12/10/2020).

Rute perjalanan Indonesia-Singapura sempat ditutup karena pandemi virus Corona atau COVID-19. Kedua negara menilai pembukaan rute perjalanan ini penting untuk menjaga kerja sama mutual dalam menghadapi tantangan akibat COVID-19.

Indonesia dan Singapura memastikan protokol kesehatan tidak akan dilonggarkan. Pengecekan penumpang berupa tes PCR sebelum terbang dan sesudah mendarat tetap dilakukan di bandara masing-masing negara.

"Detail-detail operasional untuk TCA, termasuk prosedur, syarat, protokol, dan proses aplikasi, akan diumumkan dalam waktu dekat," tulis pernyataan kedua negara.


Baca juga artikel terkait RUTE PENERBANGAN atau tulisan menarik lainnya Gilang Ramadhan
(tirto.id - Bisnis)

Penulis: Gilang Ramadhan
Editor: Maya Saputri
DarkLight