Rumah Sakit Universitas Udayana Rawat 7 Dokter Positif COVID-19

Reporter: - 30 Juni 2020
Tujuh dokter yang dirawat di RS Universitas Udayana diantaranya dokter spesialis kandungan, spesialis penyakit dalam, dan dokter umum.
tirto.id - Rumah Sakit Perguruan Tinggi Negeri (PTN) Universitas Udayana (Unud) saat ini sedang merawat tujuh tenaga kesehatan yaitu dokter spesialis dan dokter umum yang diketahui positif COVID-19.

"Mereka diantaranya dokter spesialis kandungan, spesialis penyakit dalam, dan dokter umum," kata Direktur RS PTN Unud dr. Dewa Putu Gede Purwa Samatra, di Jimbaran, Badung, Bali Selasa (30/6/2020) dilansir dari Antara.

Ia menjelaskan untuk perkembangan jumlah pasien COVID-19 saat ini di RS PTN Unud, tercatat ada sekitar 80 pasien. Delapan diantaranya berstatus PDP, karena masih menunggu hasil tes usap (swab).

"Dari dokter yang positif tersebut, hanya satu orang yang memiliki penyakit bawaan yaitu kencing manis, namun kondisinya sejauh ini tetap stabil. Dokter yang dirawat di sini, ada kiriman dari RS Puri Bunda, RS Tabanan, RS Karangasem," katanya.

Sejak akhir Mei 2020, terlihat ada peningkatan pasien COVID-19. Ia mengatakan peningkatan tersebut terjadi karena alat pemeriksaannya sudah lengkap, jadi lebih banyak terlihat jumlah pasien yang positif COVID-19.

"Untuk petugas PMI sepertinya sudah tidak ada dirawat di sini, lebih banyak transmisi lokal yang sekarang dirawat. Jika selama 14 hari, hasilnya negatif dua kali pasti baik dan dipersilahkan pulang. PMI hampir semua pulang karena negatif," katanya.

Sementara itu, RS PTN Unud, kata dia, juga masih menerima permintaan tes usap dan tes usap dari pelaku perjalanan. Samatra menjelaskan dalam sehari, tercatat 40 sampai 50 orang yang melakukan tes usap.


Baca juga artikel terkait VIRUS CORONA atau tulisan menarik lainnya
(tirto.id - Kesehatan)

Sumber: Antara
Editor: Bayu Septianto
DarkLight