Rumah Merah Putih, Film Karya Ari Sihasale Akan Tayang pada 20 Juni

Oleh: Sirojul Khafid - 18 Juni 2019
Sinopsis Rumah Merah Putih: perjalanan Farel, Oscar dan teman-temannya untuk merayakan 17 Agustus.
tirto.id - Film garapan Ari Sihasale, Rumah Merah Putih akan rilis di bioskop-bioskop Indonesia pada Kamis (20/6/2019). Film ini digarap Ari Sihasale berdasarkan naskah yang ditulis Jeremias Nyangoen.

Dikutip dari situs web Film Indonesia, Rumah Merah Putih mengisahkan Farel (Petrick Rumlaklak) dan Oscar (Amori de Purivicacao) tinggal di perbatasan Indonesia (NTT-Timor Leste).

Kehidupan mereka yang sederhana tidak menghalangi kecintaan mereka kepada Tanah Air. Dalam rangka memeriahkan acara 17 Agustus, mereka bersama teman yang lain mengikuti lomba panjat pinang.

Strategi disusun, siapa yang cocok di bawah dan siapa yang cocok di atas. Saat hari perlombaan datang, dengan susah payah dan kerja keras, tim Oscar memanjat pinang. Saat sampai di puncak, Oscar mengambil terdahulu bendera Merah Putih.

Saat sedang mengibar-ngibarkan bendera Merah Putih, Oscar terjatuh dan tidak sadarkan diri. Semua orang panik, terlebih ibunya (Pevita Pearce). Oscar langsung dibawa untuk berobat.

Keterbatasan fasilitas membuat penanganan Oscar menjadi tidak maksimal. Banyak teman-teman ibu Oscar yang menyarankan agar Oscar dibawa ke Surabaya atau Jakarta. Namun ibu Oscar menganggapnya terlalu jauh.

Kejadian tersebut membuat kehidupan Oscar dan ibunya berubah. Perjalanan Farel, Oscar dan teman-temannya untuk merayakan 17 Agustus menjadi cerita utama film ini.

Selain pemain di atas, aktor dan aktris lain yang bergabung yaitu Yama Carlos, Shafira Umm, Abdurrahman Arif, Dicky Tatipikalawan, Calvin Petrus dan Antonia Do Rosario.

Selain Rumah Merah Putih, Ari Sihasale pernah menggarap film-film seperti King (2009), Tanah Air Beta (2010), dan Serdadu Kumbang (2011).



Baca juga artikel terkait SINOPSIS FILM atau tulisan menarik lainnya Sirojul Khafid
(tirto.id - Film)


Penulis: Sirojul Khafid
Editor: Dipna Videlia Putsanra