Rotasi Pimpinan Komisi III DPR: Herman Hery Diganti Bambang Pacul

Oleh: Alfian Putra Abdi - 23 November 2021
Pergantian tersebut atas dasar surat dari Fraksi PDI Perjuangan perihal perubahan penugasan anggota pada Alat Kelangkapan Dewan (AKD).
tirto.id - Wakil Ketua DPR RI Lodewijk F. Paulus menetapkan keputusan pimpinan DPR untuk mengganti Ketua Komisi III Fraksi PDIP dari Herman Hery kepada Bambang Wuryanto alias Bambang Pacul, Senin (22/11/2021). Bambang sebelumnya menjabat sebagai Wakil Ketua Komisi VII DPR RI.

"Saya akan menanyakan, apakah pergantian Ketua Komisi III DPR RI dari unsur Fraksi PDI-Perjuangan yang semula saudara Herman Hery, Anggota A238, digantikan saudara Bambang Wuryanto, Anggota A184, dapat disetujui?" ujar Lodewijk saat memimpin rapat di Gedung Nusantara II, Jakarta, Senin.

Pergantian tersebut atas dasar Surat dari Fraksi PDI-Perjuangan perihal perubahan penugasan anggotanya pada Alat Kelangkapan Dewan (AKD).

Herman menerima keputusan partai berlogo banteng tersebut. Ia kini akan bertugas sebagai anggota Komisi VII. Ia menyebut rotasi ini sebagai "bentuk kepercayaan pimpinan [partai]."

"Saya berterima kasih kepada semua teman-teman Komisi III DPR lintas fraksi. Betul kita berbeda partai, tetapi selama 2 tahun saya memimpin sebagai ketua Komisi III DPR, kita sudah bergandengan bersama untuk membawa misi tugas kita bagi kemaslahatan bangsa dan konstituen kita," ujar Herman dalam keterangan tertulis, Selasa (23/11/2021).

Dalam kesempatan pelantikan, Bambang Pacul menyatakan siap menjalankan tugas di Komisi III. Meskipun ia menyadari tak memiliki latar belakang ilmu hukum.

"Tentu nanti akan banyak membantu, sebagai sahabat pasti akan membantu. Penugasan ini akan kami jalani dengan pengalaman yang sudah didapat," ujar Bambang.



Baca juga artikel terkait KOMISI III DPR RI atau tulisan menarik lainnya Alfian Putra Abdi
(tirto.id - Politik)

Reporter: Alfian Putra Abdi
Penulis: Alfian Putra Abdi
Editor: Gilang Ramadhan
DarkLight