FIFA The Best

Ronaldo, Mo Salah, & Modric Jadi Kandidat Pemain Terbaik FIFA 2018

Oleh: Fitra Firdaus - 4 September 2018
Dibaca Normal 1 menit
Tiga kandidat utama Pemain Terbaik FIFA 2018 adalah Cristiano Ronaldo, Mohamed Salah, dan Luka Modric.
tirto.id - Cristiano Ronaldo, Mohamed Salah, dan Luka Modric menjadi tiga kandidat utama dalam pemilihan Pemain Terbaik FIFA atau FIFA The Best 2018. Ketiganya menyingkirkan pemain lain seperti Lionel Messi dan Antoine Griezmann. Hal ini diumumkan FIFA melalui situs web mereka pada Senin (3/9/2018).

Sejak 2007, Lionel Messi selalu masuk dalam tiga kandidat terakhir Pemain Terbaik FIFA setiap tahun. Namun, tahun ini, untuk pertama kalinya dalam 12 tahun terakhir, playmaker Barcelona tersebut hanya dapat melihat salah satu dari Ronaldo, Salah, atau Modric mengangkat trofi.

Aritz Gabilondo dari harian AS memperkirakan, penampilan buruk Barcelona yang tersingkir di babak 8 besar Liga Champions oleh AS Roma, dan performa mengecewakan Argentina yang disingkirkan Perancis di babak 16 besar Piala Dunia 2018 menjadi alasan utama Messi tak termasuk dalam tiga kandidat utama tahun ini.

Padahal, jika melihat penampilan Messi di Liga Spanyol, ia luar biasa. La Pulga membantu Barcelona merebut kembali gelar juara yang musim sebelumnya diperoleh Real Madrid. Selain itu, Messi juga menyelesaikan musim lalu sebagai pemenang Sepatu Emas Eropa, mencetak 34 gol dalam 36 penampilan.



Bukan cuma Lionel Messi yang tidak masuk dalam daftar kandidat terakhir Pemain Terbaik FIFA tahun ini. Tetapi juga, Antoine Griezmann. Jika melihat performa Griezmann sepanjang musim 2017/2018, sebenarnya ia tidak kalah sensasional.

Mantan pemain Real Sociedad itu mampu mengantarkan Atletico Madrid juara Liga Eropa musim lalu, juga menjuarai Piala Dunia 2018 bersama Perancis. Selain itu, awal musim ini, Griezmann juga membuat Atletico mengalahkan Real Madrid di Piala Super Eropa 2018 dengan skor 4-2.

Atas kejadian ini,begitu pengumuman FIFA terkait pemain terbaik versi mereka mencuat, Atletico Madrid kemudian bercuit dalam akun twitter mereka, "tanpa kata-kata" sembari mengunggah foto Griezmann dengan tiga gelarnya tadi.

Di sisi lain, ketika FIFA menampilkan informasi tentang tiga kandidat terkuat pemain terbaik versi mereka, pencapaian pemain di kompetisi kontinental dan internasional tampak cukup penting.

Cristiano Ronaldo ditulis FIFA memiliki tiga momen paling penting sepanjang tahun, yaitu juara Piala Dunia Antar Klub 2017 bersama Real Madrid, menjadi top skor Liga Champions 2017/2018 dengan 15 gol, dan membantu Los Blancos menjuarai Liga Champions pula.

Sementara itu, Luka Modric ditulis "menjadi kapten Kroasia yang menembus final Piala Dunia pertama". Gelandang berusia 32 tahun itu juga disorot terkait keberhasilannya meraih Bola Emas (Pemain Terbaik) Piala Dunia 2018, ditambah membantu Real Madrid juara Liga Champions 2018 serta Piala Dunia Antar Klub 2017.

Bagaimana dengan Mohamed Salah? Penyerang Mesir itu ditulis FIFA punya peran penting membawa Liverpool ke final Liga Chamions di musim perdananya bersama klub tersebut. Salah juga mencetak 32 gol di Liga Inggris, yang merupakan rekor baru. Salah tercatat pula sebagai runner-up top skor Liga Champions 2017/2018 bersama dua rekannya, Sadio Mane dan Roberto Firmino (10 gol).

Pada Kamis (30/8/2018) lalu, Pemain Terbaik UEFA musim 2017/2018 sudah diumumkan. Luka Modric menjadi sosok yang berhak menyandang gelar tersebut. Ia mengalahkan Cristiano Ronaldo dan Mohamed Salah, dua lawan, yang kali ini juga masuk ke dalam tiga besar kandidat FIFA The Best 2018 ini seperti dirinya.






Baca juga artikel terkait KANDIDAT FIFA THE BEST 2018 atau tulisan menarik lainnya Fitra Firdaus
(tirto.id - Olahraga)

Penulis: Fitra Firdaus
Editor: Fitra Firdaus
DarkLight