Piala Dunia 2018

Ronaldo Berharap Tite Tetap Tangani Timnas Brasil

Oleh: Ikhsan Abdul Hakim - 7 Juli 2018
Dibaca Normal 1 menit
Tite dinilai telah melakukan kerja bagus kendati langkah Brasil terhenti di 8 besar Piala Dunia 2018.
tirto.id - Brasil disingkirkan Belgia di perempatfinal Piala Dunia 2018 yang digelar di Kazan Arena, Rusia, pada Sabtu (7/7/2018), dengan skor 2-1. Nasib sang pelatih, Tite, pun tak pelak dispekulasikan. Namun, mantan bomber andalan Selecao, Ronaldo Luís Nazario da Lima, berharap Tite tetap dipertahankan.

Menyandang prestasi sebagai juara dunia lima kali, Brasil sebenarnya diunggulkan untuk menjadi juara di Piala Dunia Rusia 2018. Namun gol bunuh diri Fernandinho dan sepakan jarak jauh Kevin de Bruyne mengubur kans juara tim samba.

Hasil tersebut membuat nasib pelatih Tite sebagai juru taktik timnas Brasil dipertanyakan. Kendati hanya sekali kalah di babak kualifikasi, Brasil malah gagal menyamai prestasi Selecao di Piala Dunia 2014. Bermain di rumah sendiri, waktu itu Brasil lolos semifinal, meskipun kemudian dikalahkan Jerman dengan skor memalukan, 1-7.

Publik Brasil tentu kecewa dengan tersingkirnya Selecao di babak perempat final. Salah satu yang mengungkapkan kekecewaannya adalah sang fenomena, Ronaldo. Meskipun kecewa, top skor Piala Dunia 2002 itu menegaskan bahwa pelatih Tite seharusnya diberi kesempatan untuk tetap menangani Brasil.

“Ini momen yang sulit bagi Selecao, baik secara politis dan teknis. Kita kalah di semifinal di Brasil [2014]. Kali ini di perempatfinal dan tanpa rasa malu. Tapi kita mengharapkan jauh lebih banyak dari Selecao. Selalu lebih banyak,” ujar Ronaldo seperti dikutip FourFourTwo.


Cara Brasil tersingkir memang tidak begitu memalukan dibanding ketika kalah 1-7 dari Jerman. Di laga kontra Belgia, Neymar dan kawan-kawan tampil agresif. Namun Brasil kecolongan dua gol, dan Belgia tampil gemilang mengamankan kemenangan.

Meskipun demikian, Ronaldo menyebut performa bagus saja belum cukup bagi Timnas Brasil. Mantan striker Barcelona, Inter Milan, Real Madrid, dan AC Milan ini menyebut kegagalan Brasil di perempatfinal terlalu buruk.

“Ada waktu untuk melakukan perencanaan, karena hasilnya [di Rusia 2018] mengerikan kendati tidak bermain buruk. Hasil itu terlalu buruk untuk tim nasional [Brasil],” ucap pencetak 15 gol di ajang Piala Dunia ini.

Kendati mencatatkan hasil buruk, Ronaldo enggan menyalahkan pelatih Tite dalam kegagalan Brasil. Mantan pemain Barcelona dan Real Madrid itu menegaskan bahwa Tite tetap layak melatih Selecao.

“Saya percaya Tite harus tetap [melatih]. Dia pria sensasional dan yang dia lakukan adalah kerja fenomenal, tapi dia harus melanjutkan kerjanya,” terang Ronaldo.


Baca juga artikel terkait PIALA DUNIA 2018 atau tulisan menarik lainnya Ikhsan Abdul Hakim
(tirto.id - Olahraga)


Penulis: Ikhsan Abdul Hakim
Editor: Iswara N Raditya