Rombak Kementerian, Jokowi Lantik Nadiem, Bahlil dan Laksana

Oleh: Andrian Pratama Taher - 28 April 2021
Nadiem menempati pos jabat Mendikbudristek, kemudian Bahlil jadi Menteri Investasi dan Laksana menjabat Kepala BRIN.
tirto.id - Presiden Joko Widodo resmi mengangkat dua menteri dan satu kepala lembaga dalam nomenklatur baru. Dua di antaranya orang lama, sedangkan satu merupakan wajah baru dalam kabinet.

Nadiem Makarim kini menjabat sebagai Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi. Kemudian Bahlil Lahadahlia sebagai Menteri Investasi Bahlil Lahadalia. Sedangkan Lasksana Tri Handoko sebagai Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN). Laksana sebelumnya menjabat Kepala Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI).

Ketiganya telah dilantik oleh Presiden Jokowi di Istana Negara, Jakarta, Rabu (28/4/2021).

Proses pelantikan dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan. Wakil Presiden Maruf Amin dan sejumlah menteri Kabinet Indonesia Maju terlihat hadir dalam proses pelantikan.

Sebelumnya Nadiem menempati pos Menteri Pendidikan dan Kebudayaan. Kementerian yang dipegang eks bos Gojek itu berubah setelah Kementerian Riset dan Teknologi dilebur ke Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan sesuai keputusan rapat paripurna DPR pada 9 April 2021 lalu.

Selain Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang dilebur dengan Kementerian Riset dan Teknologi, DPR juga mengesahkan pembentukan Kementerian Investasi. Kementerian ini merupakan perubahan dari Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) yang dipimpin Bahlil.

Sementara itu, Laksana menahkodai BRIN, lembaga yang sebelumnya merupakan bagian tidak terpisahkan dari Kementerian Riset dan Teknologi. Kementerian Riset dan Teknologi/BRIN. Kementerian Riset dan Teknologi/BRIN sebelumnya dipimpin oleh Bambang Brodjonegoro. Bambang otomatis tersingkri dalam perombakan kabinet ini.



Baca juga artikel terkait KABINET JOKOWI atau tulisan menarik lainnya Andrian Pratama Taher
(tirto.id - Politik)

Reporter: Andrian Pratama Taher
Penulis: Andrian Pratama Taher
Editor: Zakki Amali
DarkLight