RKUHP Dibahas Lagi, Ketum PAN Temui PDIP hingga Nasdem

Oleh: Bayu Septianto - 5 November 2019
PAN akan bertemu sejumlah pimpinan partai politik untuk menyelaraskan pandangan terkait pembahasan RKUHP dan RUU Pertanahan.
tirto.id - Setelah menemui Partai Keadilan Sejahtera (PKS), kini Partai Nasional Demokrat (Nasdem) berencana menemui jajaran Partai Amanat Nasional (PAN) pada akhir bulan ini.

Saat dikonfirmasi, Ketua Umum Partai Amanat Nasional, Zulkifli Hasan tak mengiyakannya. Ia hanya menilai pertemuan elite-elite parpol adalah hal yang biasa dilakukan.

Menurut Zulkifli tak hanya dengan Nasdem, bahkan partainya juga tengah menyusun rencana untuk bertemu dengan petinggi partai PDI Perjuangan.

“Ini juga lagi di-arrange [merencanakan] kita mau ketemu PDIP, nanti dengan Nasdem,” kata Zulkifli di kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Selasa (5/11/2019).

Tak dijelaskan lagi oleh Zulkifli kapan, di mana dan apa tujuan pertemuan dengan PDIP. Ia hanya menyampaikan bila pertemuan antar parpol perlu dilakukan salah satunya untuk menyelaraskan legislasi di parlemen.

“Kan banyak undang-undang yang akan dibahas nih [Rancangan] KUHP mau dibahas lagi dengan RUU Pertanahan Agraria yang menuai pro-kontra tentu kita kan mesti menyamakan presepsi,” tutur Zulkifli.


Sebelumnya, Partai Nasional Demokrat (Nasdem) akan melanjutkam safari politik ke partai-partai politik yang bukan pendukung pemerintah Joko Widodo-Ma'ruf Amin.

Setelah menyambangi Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Rabu (30/10/2019) lalu, safari politik Nasdem akan berlanjut ke Partai Amanat Nasional (PAN) pada akhir November.

"Dengan PAN kami akan ketemuan mungkin akhir November. Saya sudah berkomunikasi dengan Mas Eddy Soeparno [Sekjen PAN]," kata Ketua DPP Partai Nasdem Willy Aditya dalam sebuah diskusi di kawasan Kebon Sirih, Jakarta, Sabtu (2/11/2019).

Willy juga mengatakan pertemuan dengan PAN tak bisa dilakukan dalam waktu dekat ini lantaran Nasdem akan menggelar kongres pada bulan ini, tepatnya pada 8-11 November di Jakarta International Expo Kemayoran, Jakarta.

"Dan kemudian setelah Kongres kami akan menyusun waktu agenda ke PAN, dalam waktu dekat kami akan sampaikan," jelasnya.


Baca juga artikel terkait RUU KUHP atau tulisan menarik lainnya Bayu Septianto
(tirto.id - Hukum)

Reporter: Bayu Septianto
Penulis: Bayu Septianto
Editor: Zakki Amali
DarkLight